Pedagang Pasar Kliwon Belum Terima Kartu e-Retribusi

oleh
Foto: Pasar Kliwon Kudus nampak dari depan. (istimewa)

Kudus, ISKNEWS.COM – Meskipun ribuan kartu fisik pembayaran retribusi non tunai untuk pedagang Pasar Kliwon Kudus sudah dicetak, namun ternyata hingga kini masih belum siap dibagikan.

Hal itu dibenarkan Kepala Dinas Perdagangan Kudus, Sudiharti, pada Kamis, (29-3-2018). Dikatakannya, Saat ini kartu fisik pembayaran retribusi non tunai sudah dicetak sebanyak 3.000 kartu dan saat ini proses pengelompokan sesuai blok.

Lebih lanjut, Sekarang ini masih fokus penandatanganan perjanjian sewa dan penerbitan surat pendasaran (SP). Apalagi sosialisasi ke pedagang belum maksimal dan masih memilah milah E-Retribusi tersebut.

TRENDING :  Jalanan Di Balai Jagong Di Blokade Gundukan Tanah, Ada Apa?

Rencana awal, lanjutnya, kartu E-Retribusi siap diberikan karena sudah ada kartu fisiknya. Terlebih dari Bank yang support E-Retribusi juga sudah siap. “Nampaknya juga akan molor dari rencana karena belum kesiapan dari kami. Selain sumber daya manusia (SDM) seperti petugas pasar belum siap, dan edukasi yang disampaikan belum detail, juga proses penataan kartu masih berlangsung.

TRENDING :  Masa Jabatan Pejabat Sekda Kudus Tidak Bisa Ditentukan

“Untuk petugas pasar sudah kami persiapkan. Namun, butuh sosialisasi atau pemberitahuan terlebih dahulu terkait tata cara penggunaan kartu E-Retribusi. Saat ini masih dikelompokkan, dan dilakukan koordinasi dengan petugas pasar,” ujarnya.

Dijelaskan Sudiharti, pihak perbankan sepenuhnya sudah menyerahkan ke Dinas Pasar. Yang terpenting kartu sudah diberikan dan saat ini masih dipilah, sebab ada beberapa kartu yang belum tercantum namanya.

TRENDING :  Program Tambahan TMMD : Bersama Warga Tanam Penghijauan Di Lokasi Makam Kandangmas

Kami tidak mau gegabah, misalkan kartu dibagikan sekarang dan ternyata kesiapan untuk melaksanakan belum fix maka kartu bisa beresiko hilang atau tidak dianggap penting oleh pedagang.” Tegasnya

Petugas pasar juga sebelumnya mensosialisasikan per blok kepada pedagang Pasar Kliwon tentang cara penggunaan E-Retribusi dan pengisian kartu. Setelah semuanya beres, baru akan direalisasikan pemakaian kartu tersebut. (AJ/RM)

KOMENTAR SEDULUR ISK :