Aksi Kepedulian Sosial Warga Perumahan Gerbang Harapan Gondangmanis Gelar Donor Darah

oleh

Kudus, isknews.com – Sebagai wujud kepedulian sosial dan kemanusiaan warga Perumahan Gerbang Harapan menggelar aksi donor darah yang dilaksanakan bekerja sama dengan Palang Merah Indonesia (PMI) cabang Kudus. Sebanyak 43 warga berpartisipasi mendonorkan darahnya yang dilakukan di kediaman  tokoh warga  Yudo Prihartono di RT 06 RW XII Perumahan Gerbang Harapan  Gondangmanis Bae Kudus.

Menurut ketua RT Wiratno, sesungguhnya warga yang ikut berpartisipasi jumlahnya lebih banyak dari itu, namun setelah dilakukan pemeriksaan oleh tim dari Unit Tranfusi Darah (UTD) PMI Kabupaten Kudus sejumlah pendonor diminta menunda pelaksanaannya akibat beberapa hal yang dinyatakan belum memenuhi .

“Beberapa ada yang ternyata belum lama ini sudah berdonor, atau tekanan darah, HB dan sebagainya kurang memenuhi syarat untuk pengambilan darah pada saat sekarang,” katanya.

TRENDING :  Indahnya Berbagi Takjil On The Street di Taman Wergu Kudus
Sejumlah peserta aksi kepedulian sosial Donor darah di Perumahan Gerbang Harapan Gondangmanis Bae Kudus (Foto: YM)

Wiratno juga mengatakan bakti sosial itu merupakan agenda rutin yang melibatkan warga kompleks perumahan dan bebrapa dari luar perumahan serta beberapa anggota Perguruan Silat Setia Hati turut serta dalam kegiatan donor darah,

TRENDING :  Ina Sukawati Beri Latihan Kewirausahaan di Kabupaten Pati

“Alhamdulillah, tahun ini ada 43 orang yang donor darah. Kegiatan sosial warga disini berlangsung sejak 2017,” kata Wiratno dilokasi kegiatan.

Menurutnya bakti sosial ini merupakan salah satu bentuk kepedulian yang dilakukan warga untuk sesama. Ia berharap kegiatan tersebut dapat menjadi contoh yang positif.

TRENDING :  Ratusan Warga Serbu Pembukaan Pasar Yu Srinthil

“Kami berharap apa yang kami lakukan ini bisa bermanfaat buat saudara-saudara kita yang membutuhkan,” kata dia.

Senada yang disampaikan oleh Wiratno, Camat Bae, Mintoro AP mengatakan, adanya program donor darah ini sangat membantu warga yang setiap saat membutuhkan darah.

Mengingat ketersediaan stok darah sangat dibutuhkan oleh orang-orang yang sakit tertentu. Maka masyarakat yang sehat perlu sadar untuk melakukan donor darah.

“Saya salut dan mendukung program ini, kalau bisa program donor darah ini tidak hanya di Gerbang Harapan saja, namun ke Desa-desa lainnya,”tandas dia. (YM/YM)

KOMENTAR SEDULUR ISK :