Berharap Pasar di Kudus APTI Lumajang Perkenalkan Keunggulan Varietas Tembakau Produknya

oleh

Kudus, isknews.com – Sejumlah petani dari Asosiasi Petani Tembakau Indonesia (APTI) Lumajang Jawa Timur yang didampingi Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Lumajang Imam Suryadi hadir di Kudus Puluhan petani tembakau asal Kabupaten Lumajang, mendatangi Kabupaten Kudus, Kamis (05/09/2019).

Para petani dari Asosiasi Petani Tembakau Indonesia (APTI) Lumajang Jawa Timur, saat ,memperkenalkan varietas produk tembakau Lumajang kepada para pengusaha rokok kretek di Kudus (Foto: YM)

Diterima di gedung Forum Pengusaha Rokok Kretek (FPRK) yang berada di kompleks Lingkungan Industri Kecil (LIK) Megawon Jati, Kedatangan mereka kali ini secara khusus ditujukan untuk menjalin kerjasama dan memperkenalkan produk unggulan Tembakau Lumajang Kepada para pengusaha rokok di kota kretek.

TRENDING :  Penyerapan Gabah Terlambat

Imam Suryadi, Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Lumajang mengatakan ada tiga macam tembakau yang dibawa oleh pihaknya dalam kunjungan kali ini. Yakni tembakau jenis White Burley, Kasturi dan lokal yang tersaji dalam beberapa grade.

“Ini sedang kita komunikasikan, barang kali ada yang cocok dengan para pengusaha rokok di Kudus,” ucapnya.

Dari pertemuan singkat itu, Imam mengatakan sudah ada beberapa pengusaha rokok yang telah memberikan lampu hijau. Melalui kerjasama ini, pihaknya berharap gairah pertanian tembakau di Lumajang bisa meningkat. Begitupun dengan perekonomian para petani tembakau di sana.

TRENDING :  Begini Cara PPL Ubah Mindset Petani Padi, Jadi Petani Bawang Merah

“Sekarang di Lumajang ada sekitar 1.800 hektar lahan pertanian tembakau. Dengan meluasnya peredaran tembakau Lumajang, semoga gairah industri ini bisa terus meningkat,” harapnya.

Sementara, Bambang Tri Waluyo, Kepala Dinas Ketenagakerjaan, Perindustrian, Koperasi dan Usaha Kecil Menengah (UKM) menyambut baik kunjungan ini.

TRENDING :  Kapolres Kudus Pimpin Apel Gelar Pasukan Ops Patuh-Candi 2019

“Alhamdulillah sudah ada tiga perusahaan yang memberikan lampu hijau. Yakni Djarum, Apindo dan Wido,” katanya.

Selain itu, lanjutnya sejumlah perusahaan rokok di Lingkungan Industri Kecil (LIK) juga nampak tertarik dengan penawaran yang mereka berikan.

Melalui kunjungan ini, Bambang berharap kerjasama mutualisme antara petani tembakau Lumajang dan perusahaan rokok di Kudus dapat terjalin. (YM/YM)

KOMENTAR SEDULUR ISK :