Dorong Motivasi Bisnis Bagi Ibu Rumah Tangga, Mahasiswa Bagikan Tips dan Strategi Wirausaha

oleh -167 kali dibaca
Mahasiswa peserta Kuliah Kerja Nyata (KKN) dari Kelompok 47 Universitas PGRI Semarang saat menggelar Seminar Wirausaha di Kelurahan Bugangan, Kecamatan Semarang Timur, Kota Semarang (Foto: istimewa)

Kota Semarang, isknews.com – Wirausaha berperan dalam mengurangi tingkat kebergantungan terhadap orang lain, meningkatkan kepercayaan diri, serta meningkatkan daya beli pelakunya. Diharapkan bila sukses dalam wirausaha juga akan berpotensi dalam menyediakan lapangan kerja bagi para pencari kerja.

Dengan latar belakan tersebut 15 mahasiswa peserta Kuliah Kerja Nyata (KKN) dari Kelompok 47 Universitas PGRI Semarang engadakan seminar kewirausahaan yang bertujuan untuk memberikan pengetahuan dan motivasi untuk berwirausaha kepada ibu-ibu PKK di RW 03, Kelurahan Bugangan, Kecamatan Semarang Timur, Semarang, Jumat (08/03/2024).

Seminar yang digelar di Pos PAUD Palguno selain diikuti oleh para mahasiswa juga dihadiri oleh ibu-ibu rumah tangga yang juga anggota PKK warga Kelurahan setempat. .

Menurut juru bicara KKN Kelompok 47, Cindy Aprillia Febriyanti, dalam seminar tersebut, mahasiswa KKN memberikan pemahaman tentang pentingnya kewirausahaan dalam meningkatkan kesejahteraan keluarga dan membangun ekonomi lokal.

“Mereka juga membagikan pengalaman, tips, motivasi berwirausaha, cara untuk membuka bisnis dan strategi dalam memulai dan mengelola usaha kecil serta memberikan pelatihan praktis tentang manajemen keuangan dan pemasaran,” kata Cindy.

Tidak hanya itu Mahasiswa KKN UPGRIS juga memberikan cara menentukan target market. Selain itu juga menjelaskan cara memasarkan secara online dan ibu-ibu PKK juga diberikan cara untuk menggunakan sosial medianya untuk memasarkan produk.

Para ibu PKK RW 03 merespons acara ini dengan sangat positif, mengungkapkan rasa terima kasih atas kesempatan untuk memperluas pengetahuan dan keterampilan mereka dalam bidang kewirausahaan. Mereka berharap dapat menerapkan gagasan dan keterampilan yang mereka peroleh dalam seminar ini untuk meningkatkan taraf hidup keluarga mereka dan kontribusi ekonomi terhadap masyarakat.

“Kami menilai ini adalah kegiatan yang positif karena dengan diadakan seminar ini, dapat meningkatkan motivasi bagi ibu-ibu PKK yang sedang menjalankan usaha serta ibu-ibu PKK dapat mengenal pemasaran online melalui media sosial,” ujar Reni peserta seminar yang juga warga RW 3.

Diharapkannya, dengan adanya kerjasama antara mahasiswa KKN Universitas PGRI Semarang dan ibu-ibu PKK RW 03, dapat tercipta sinergi yang positif dalam mendukung pengembangan kewirausahaan lokal.

“Juga akan memperkuat ikatan antar generasi untuk mencapai pembangunan yang berkelanjutan di Kelurahan Bugangan,” tandas Cindy. (YM/YM)

KOMENTAR SEDULUR ISK :

No More Posts Available.

No more pages to load.