Explore Caping Kalo, Desa Gulang Kudus kedatangan Tim Pencinta Sanggul Nusantara

oleh -1,025 kali dibaca
Foto: Tim Pencinta Sanggul Nusantara bersama Kepala Desa GulangAris Subkhan (baju putih) dan perangkat serta Mahasiswa KKN UNNES saat Foto bersama di depan Balai Desa setempat

Kudus, isknews.com –  Pemerintah Desa (Pemdes) Gulang Kecamatan Mejobo Kabupaten Kudus pada Sabtu (6/7/2024) kedatangan tamu sebanyak 6 orang dari Jakarta, yakni Tim Perkumpulan Pencinta Sanggul Nusantara.

Ninoek, perwakilan tim mengatakan jika kedatangannya yakni dalam rangka untuk mengeksplore caping kalo yang ada di Desa Gulang,

“Ya, kami kesini (Desa Gulang) tujuannya untuk menggali informasi, bertemu dengan pengrajinnya caping kalo langsung, kebetulan ada dua yang kami kunjungi, yakni Bapak Kamto dan Ibu Rudipah,” ungkapnya kepada isknews.com, Sabtu (6/7/2024).

Tentunya, lanjut Ninoek, kunjungan ini diharapkan ada tindak lanjut ke depannya, berkelanjutan menjalin Kerjasama yang baik demi melestarikan khasanah budaya Indonesia.

Sementara itu, Kepala Desa Gulang, Aris Subkhan mengatakan jika pihaknya menyambut baik kunjungan hari ini,

“Sebelum ke rumah dua pengrajin caping kalo yang ada di Desa Gulang, kami ajak para tamu untuk berbincang-bincang, saling sharing, tak lupa kami ajak menonton video tentang perjalanan Caping Kalo dari awal mulanya,” tuturnya disela-sela kunjungan.

Dirinya berharap, dengan semakin banyaknya perhatian dari semua pihak, caping kali bisa eksis ke depannya,

“Kami berharap caping kalo bisa semakin eksis dan lestari keberadaanya. Hal itu ditunjang dengan dukungan Pemerintah Daerah, instansi swasta hingga komunitas yang bergerak dibidang tersebut. Harapannya, tidak lain supaya caping kalo jangan sampai musnah dan bisa diteruskan atau regenerasi agar menjadi lestari,” pungkasnya. (AS/YM)

KOMENTAR SEDULUR ISK :