Filter Inlet Outlet Wujudkan Irigasi Persawahan Yang Sehat

by
Filter Inlet Outlet Wujudkan Irigasi Persawahan Yang Sehat ISKNEWS.COM
Foto: FIO hasil ciptaan Kepala Balingtan Asep Nugraha. (Istimewa)

Pati, ISKNEWS.COM – Jika air tawar tidak dikelola dengan baik akan menimbulkan dampak negatif terhadap kehidupan manusia. Misalnya air yang berasal dari sungai maupun sawah yang digunakan untuk irigasi, dimungkinkan mengandung kontaminan logam berat maupun residu pestisida. Oleh karenanya diperlukan teknologi penyaringan air sebelum dan sesudah masuk area persawahan.

TRENDING :  Desa Karangrejo Gelar Ujian Akademis Calon Perangkat Baru

“Hasil penelitian yang kami lakukan, menunjukkan bahwa penggunaan pestisida di lahan pertanian dapat mengakibatkan akumulasi residu pestisida dalam tanah, tanaman, dan air (sawah),” ungkap Kepala Balai Penelitian Lingkungan Pertanian, Asep Nugraha Ardiwinata, Senin (9-07-2018).

Kandungan residu pestisida ditemukan dengan konsentrasi relatif tinggi dan beberapa jenis pestisida telah melebihi batas maksimum residu (BMR), lanjutnya. Kandungan residu pestisida yang ditemukan tidak hanya pada air dalam petakan sawah, tetapi juga pada inlet maupun outletnya.

TRENDING :  Minim Pembeli, Pedagang Relokasi Berharap Revitalisasi Pasar Segera Rampung

“Kandungan residu pestisida pada saluran outlet, selanjutnya akan masuk ke aliran sungai dan akan membahayakan lingkungan biota air dan kesehatan manusia. Oleh karena itu, diperlukan suatu alat filtrasi yang dapat menahan atau menangkap residu pestisida tersebut sebelum terbawa aliran dan masuk ke sungai,” imbuhnya.

TRENDING :  Pabrik Pengolahan Serbuk Kayu Terbakar

KOMENTAR SEDULUR ISK :