Gandeng Kelompok Tani, Siap Darling Tanam 5.225 Bibit Pohon di Patiayam

oleh -3 views
Siap Darling bersama Kelompok Tani setempat melaksanakan penghijauan di kawasan pegunungan Patiayam, Kudus. Menanam sebanyak 5.225 bibit pohon (Foto: istimewa)

Kudus, isknews.com – Memperingati hari menanam pohon nasional yang jatuh pada 28 November serta bulan menanam pohon Desember tahun lalu. Aksi Siap Sadar Lingkungan (Siap Darling) yang digagas oleh Bakti Lingkungan Djarum Foundation terus melakukan inovasi-inovasi baru untuk mengajak anak muda agar lebih sadar dan peduli terhadap lingkungan.

Siap Darling menggelar kegiatan bertajuk #OneActionOneTree, Sebuah aksi wujud cinta lingkungan yang dilakukan dengan mengajak masyarakat untuk menunjukkan aksi peduli lingkungan melalui unggahan di media sosial, serta berlari dan bersepeda untuk mengumpulkan bibit tanaman, di mana kegiatan ini dilakukan secara mandiri tanpa menimbulkan kerumunan.

Dengan mengikuti kegiatan ini,mereka turut berpartisipasi mendonasikan bibit pohon untuk menghijaukan kawasan pegunungan Patiayam, Kudus. Sebanyak 5.225 bibit pohon yang terkumpul telah disumbangkan kepada petani dan mulai ditanam di Patiayam pada 28 November 2020, bertepatan dengan Hari Menanam Pohon Indonesia, petani Bersama Darling Squad menanam serentak di Patiayam.

Program Associate Bakti Lingkungan Djarum Foundation, Tania Anggriani menuturkan dengan #OneActionOneTree, Darling Squad tetap dapat melakukan aksi sadar lingkungan meskipun terbatas ruang dan waktu. Dengan mengikuti campaign aksi sadar lingkungan tadi, Darling Squad telah turut menularkan inspirasi kepada masyarakat untuk tetap melakukan hal – hal positif.

“#OneActionOneTree adalah salah satu program dan inovasi baru dari Siap Darling. Kali ini, kegiatan kami tetap berjalan meskipun terdampak pandemi virus Corona. Walau di rumah saja, Darling Squad dapat tetap berpartisipasi dalam aksi peduli lingkungan dengan menyumbangkan minimal satu bibit pohon. Semoga kaum muda semakin tergerak dan mencintai bumi,” ujar Tania, Rabu (20/01/2021).

Selain bibit yang ditanam di Patiayam, Aksi pengumpulan bibit pohon yang dimulai sejak 15 November hingga 31 Desember 2020 ini berhasil mengumpulkan 11,734 bibit pohon dari 768 pelari, pesepeda serta unggahan media sosial.

Bibit yang diserahkan kepada petani kali ini adalah bibit pohon mangga karena akar pohon tersebut dapat tumbuh baik di kawasan Patiayam, Kudus. Akar pohon mangga juga menyimpan banyak air dan menjaga kesuburan tanah dengan baik. Selain itu, hasil panen buah mangga dapat digunakan sebagai sumber penghasilan jangka panjang para petani Patiayam.

“Untuk melakukan penghijauan kembali kawasan Patiayam, kita membutuhkan penanaman untuk mengikat air dan mencegah erosi. Pohon dengan akar-akarnya yang kuat mampu mencengkram tanah dan tajuknya dapat memberi kerindangan,” tambah Prinsa Paruna yang merupakan Program Associate Bakti Lingkungan Djarum Foundation.

Dalam kegiatan ini, Siap Darling menggandeng Kelompok Tani di Patiayam yaitu Kelompok Tani Wonorejo dan Karya Tani untuk melakukan penanaman.

Aksi #OneActionOneTree Runner dan Gowes mendapat respon yang sangat baik dari Darling Squad. Hal ini dibuktikan posisi yang susul-menyusul di peringkat 10 besar dalam pengumpulan bibit pohon melalui aplikasi Strava.

“Animo yang tinggi terhadap kegiatan #OneActionOneTree membuktikan semakin meningkatnya kepedulian dan keterlibatan generasi muda menjaga lingkungan serta beraksi sadar lingkungan, karena untuk menciptakan perubahan kita tidak bisa sendirian,” tambah Tania.

Ketua Kelompok Tani Wonorejo, Mashuri menyambut baik upaya Bakti Lingkungan Djarum Foundation melalui Siap Darling untuk menghijaukan kembali kawasan Pati khususnya Patiayam yang memiliki kondisi tanah cenderung tandus dan kering, ia juga berharap langkah generasi muda tidak berhenti dalam merawat dan menjaga bumi Indonesia.

“Kegiatan #OneActionOneTree ini sangat membantu kami para petani di Patiayam. Tanah di sini memang cenderung bersifat tandus maka diperlukan tanaman dengan batang besar seperti pohon Mangga yang diberikan Siap Darling. Kegiatan ini juga dapat menjadi pengingat kita semua untuk dapat menjaga lingkungkan sekitar agar terus lestari sampai anak cucu nanti karena merekalah nanti yang akan meneruskan langkah baik ini,” tandas Mashuri. (YM/YM)

KOMENTAR SEDULUR ISK :