Ganjar Pranowo Hadiri Prosesi Buka Luwur Kangjeng Sunan Kudus

oleh -1,182 kali dibaca

Kudus, isknews.com – Prosesi tahunan Buka Luwur Kangjeng Sunan Kudus pada Sabtu 10 Muharram 1439 H atau 30 September 2017 mendapat kunjungan Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo beserta rombongan nya.

Begitu tiba dilokasi tajug pada sekitar jam 07.30 WIB, Orang nomor satu di Jawa Tengah itu langsung disambut Ketua Yayasan Masjid Menara dan Makam Sunan Kudus (YM3SK) Em Nadjib Hasan. Nampak hadir kyai kharismatik Kudus KH. Sya’roni Ahmadi, sejumlah tokoh agama dan tokoh masyarakat Kabupaten Kudus dan sekitarnya. Serta hadir perwakilan perhimpunan pemangku makam aulia se Jawa dan para pengurus Yayasan Masjid Menara dan Makam Sunan Kudus. para ulama’ dan tamu undangan.

Kedatangan singkatnya itu sempat membuat panitia dan orang yang hadir kaget, sebab Ganjar melewati jalan gang khusus yang telah ditetapkan panitia. “Ini merupakan yang pertama kalinya beliau semasa menjabat menjadi Gubernur untuk menyempatkan hadir di acara buka luwur kangjeng Sunan Kudus, walaupun sebelumnya beliau (ganjar) juga mendapat undangan dari panitia,” kata H. M. Farchan Mu’thi, Ketua Panitia Buka Luwur kepada isknews.com

Selain itu, “Sebelumnya, Ganjar Pranowo juga memberikan kepada panitia berupa seekor kerbau untuk disembelih dan dibagikan kepada masyarakat yang hadir,” terangnya.

Dijelaskannya, Dalam rangka Buka Luwur Kangjeng Sunan Kudus, bersamaan itu juga panitia YM3SK membagikan berkat berupa keranjang sekitar 2278 dan bungkus daun jati atau biasa masyarakat sekitarnya menyebutnya “nasi jangkrik” Kurang lebih sebanyak 30.465.

Warga baik anak kecil hingga manula dari Kudus dan sekitarnya berbondong bondong ikut antre untuk mendapatkan nasi berbungkus daun yang sudah dido’akan oleh sejumlah ulama. Sedangkan dalam prosesi buka luwur, akses lalu lintas di jalan area Menara Kudus padat ramai lancar.

Adapun rangkaian kegiatan yg dilaksanakan dalam rangkaian buka luwur tersebut adalah diantaranya Jamas Pusaka, Pengajian tahun baru muharram, Pelepasan luwur pasarean, Pembuatan luwur baru, Munadharah masail diniyah, Doa rasul dan terbangan.

Lalu penyembelihan hewan shadaqah, Khatmil qur’an bil ghaib, Memasak nasi dan daging shadaqah, Pembagian bubur asyura, Santunan anak yatim, Pembacaan qasidah al barzanji, Pengajian umum, Pembagian berkat salinan, Pembagian berkat shadaqah, Pembagian berkat umum dan terakhir Pemasangan luwur.

Prosesi pemasangan luwur di awali dengan pengajian yang dipimpin oleh KH. Sya’roni Ahmadi dan pemasangan luwur dipimpin oleh H. Farhan. (AJ)

KOMENTAR SEDULUR ISK :

No More Posts Available.

No more pages to load.