Laksanakan Ujian Lisan Secara Online, Faizal : Mahasiswa Harus Menguasai Teori Maupun Praktik

oleh -569 kali dibaca

Kudus, isknews.com – Ujian Sosiologi Hukum secara lisan adalah salah satu cara mengukur penguasaan materi mahasiswa. Selasa (28/12/2021), Idealnya ujian bisa dilaksanakan secara offline, tetapi karena pandemi belum usai, maka terpaksa diadakan melalui online.

Sementara itu, Faizal selaku Dosen Sosiologi Hukum UMK, menyampaikan tugas utama menganalisis putusan melalui perspketif Sosiologi hukum, diharapkan mahasiswa tidak hanya menguasai teori tetapi juga bisa menerapkan secara praktik. Pasca diadakan ujian, harapannya mahasiswa bisa menguasai Sosiologi Hukum, baik secara praktis maupun teoritis.

“Fungsi penting menguasai teori dan praktik Sosiologi Hukum adalah agar mahasiswa secara skill mampu mempraktekkan apa yang telah diterima secara teoritis, sehingga bisa mengaplikasikan ilmu yang telah didapat secara profesional, dan langsung di lingkungan masyarakat,” ujar Faizal.


Dalam kesempatan ini juga mahasiswa bisa menjadikan pembekalan untuk kedepan, tantangan pasca lulus pasti berat. Sebagai seorang Sarjana Hukum, selain dibutuhkan penguasaan materi dan penalaran hukum, juga dibutuhkan integritas yang tinggi.


“Dengan diadakan ulangan langsung via zoom, saya dapat mengetahui mana mahasiswa yang sungguh-sungguh menguasai materi dan yang tidak, berbeda dengan hanya mengasih soal kemudian dikumpulkan secara online, saya kira ujian via zoom ini efektif untuk mahasiswa lebih terpacu agar belajar dengan sungguh-sungguh, karena dunia kerja selain membutuhkan orang yang cerdas tapi juga butuh orang yang jujur, semoga lulusan kita bisa memenuhi kriteria tersebut.” pungkasnya.


Selepas ujian via zoom salah satu mahasiswa FH, Fendy Adsa mengungkapkan, menambah wawasan dimana dosen menyuruh menganalisis kasus kemudian diberi pertanyaan secara langsung, rasanya sudah seperti ujian skripsi.

“Dalam ujian tadi saya kira materi yang sudah saya siapkan lebih dari cukup, ternyata masih banyak kekeliruan dalam penyampaian, dengan ini bisa saya jadikan evaluasi untuk belajar lebih giat agar hasil yang diperoleh bisa maksimal,”tutupnya. (FA/YM)

KOMENTAR SEDULUR ISK :

No More Posts Available.

No more pages to load.