Mahasiswa UNY KKN di Blora

oleh -1,120 kali dibaca

Blora, ISKNEWS.COM (Lintas Blora ) – Sebanyak 78 orang mahasiswa Universitas Negeri Yogyakarta (UNY) tahun akademik 2016/2017 ini melaksanakan Kuliah Kerja Nyata (KKN) di wilayah Kabupaten Blora.

Pada tahap pertama ini, mahasiswa tersebut akan disebar di enam desa di wilayah kecamatan Ngawen. Diantaranya Desa Talokwohmojo, Desa Kedungsatriyan, Desa Bradag, Desa Karangjong, Desa Bandungrojo, dan Desa Srigading.

“Untuk tahap pertama ini diikuti 78 mahasiswa, sedangkan tahap kedua nanti mulai 10 Agustus akan dilanjutkan oleh 80 mahasiswa,” ujar Kepala Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LPPM) UNY, Suyanta, Kamis (13/7/2017).

Menurutnya, Gelombang pertama antara 11 Juli hingga 10 Agustus, sedangkan gelombang kedua antara 10 Agustus hingga 9 September. KKN, lanjut dia, merupakan salah satu mata kuliah pembelajaran yang wajib ditempuh oleh seluruh mahasiswa di kampusnya dengan beban 3 SKS (satuan kredit semester)

Dia berharap seluruh mahasiswa selama menjalankan kegiatan KKN bisa berbaur dan mengabdikan diri kepada masyarakat desa dengan baik. Jalin silahturahmi dengan Camat, Kepala Desa, Perangkat dan masyarakat agar dalam menjalankan program bisa berjalan dengan lancar

Untuk diketahui, serah terima mahasiswa KKN dilaksanakan, pada Rabu (12/7/2017), secara sederhana di halaman depan kantor Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Kabupaten Blora dengan dihadiri Camat Ngawen Sunanto dan 6 Kepala Desa.

Kepala Bappeda Blora, Sutikno Slamet, berharap pembangunan di desa bisa lebih cepat, dengan mendorong pembentukan BUMDes dari para peserta KKN. Pasalnya, lanjut dia, keberadaan BUMDes di Kabupaten Blora belum banyak, sehingga butuh adanya dorongan dan pendampingan. “Saya rasa sebulan saja pasti cukup untuk adik-adik melakukan pembinaan dalam pembentukan BUMDes. Caranya dengan menganalisis potensi desa, temukan apa yang bisa diberdayakan dan diusahakan,” jelasnya. (as)

KOMENTAR SEDULUR ISK :

No More Posts Available.

No more pages to load.