Masa Tunggu Ibadah Haji Kini Capai 29 Tahun

oleh -796 kali dibaca

Kudus, isknews.com – Semakin lama, masa tunggu bagi calon jemaah haji ternyata makin panjang, Demikian halnya di Kabupaten Kudus masa tunggu kini mencapai 29 tahun. Pasalnya, total daftar tunggu haji di Kementerian Agama (Kemenag) Kabupaten mencapai 37.036 calon jemaah.

Kepala Kemenag Kudus Suhadi melalui Pelaksana Pendaftaran Haji dan Umroh Saifur Rohman menyampaikan, masa tunggu haji mencapai 29 tahun lantaran adanya antrean haji yang terus meningkat. Sementara untuk waktu pemberangkatan mengalami penundaan selama dua tahun terakhir.

“Jadi kalau daftar haji sekarang itu ada kemungkinan berangkatnya tahun 2050,” ucapnya.

Meski demikian, antusiasme pendaftar haji di Kemenag Kudus tetap tinggi. Bahkan, sejak Januari 2022 hingga saat ini sudah ada sekira 425 orang calon jamaah haji yang mendaftar. Kebanyakan calon jamaah haji yang sudah masuk dalam daftar tunggu berusia 40 hingga 60 tahun.

“Calon jamaah haji berusia 40 hingga 60 tahun itu paling banyak, yakni sekitar 54 persen. Kemudian untuk usia 60 hingga 80 tahun ada sebanyak 18 persen. Sedangkan yang berusia 80 hingga 100 tahun ada sebanyak 0,45 persen,” paparnya.

Ilustrasi pemberangkatan kloter Jamaah haji beberapa tahun lalu (Foto: ISK)

Ia menambahkan, meski kuota haji untuk Kabupaten Kudus belum ditentukan, pihaknya tetap mempersiapkan berkas-berkas para calon jemaah. Yakni seperti pembuatan paspor dan berkas administrasi lainnya.

“Semua administrasi calon jamaah sudah siap. Kami tetap menyiapkan dulu, jadi kalau nanti ada kepastian kuota bisa tinggal mengurus keperluan keberangkatannya lainnya saja,” ujarnya.

Pihaknya mengatakan, jumlah kuota haji untuk Kabupaten Kudus sampai saat ini belum bisa dipastikan. Akan tetapi, Kemenag Kudus mengaku tetap akan memprioritaskan calon jamaah haji yang keberangkatannya sempat tertunda pada tahun 2020 lalu.

“Ada sebanyak 1.031 calon jemaah di Kudus yang berhak di berangkatkan karena dulu sempat tertunda pada tahun 2020 akibat pandemi,” ungkap dia. (My/YM)

KOMENTAR SEDULUR ISK :

No More Posts Available.

No more pages to load.