MDMC Kudus Kirim Dua Relawan Ke Selayar, Gabung Tim Respon Tanggap Darurat Gempa

oleh -757 kali dibaca
Dua relawan dari MDMC Kudus bergabung dengan sejumlah relawan MDMC Jateng dan Yogya saat akan diberangkatkan dengan kapal laut menuju pulau Selayar Sulawesi Selatan (Foto: istimewa/MDMC Kudus)

Kudus, isknews.com – Wakil Ketua Muhammadiyah Disaster Management Center (MDMC) Kabupaten Kudus Satrio Yudo Budi Wicaksono mengatakan, atas instruksi Pimpinan Pusat Muhammadiyah melalui MDMC Jawa Tengah pihaknya telah mengirimkan relawannya untuk bergabung dengan relawan Muhammadiyah yang telah ditugaskan di Kepulauan Selayar, Sulawesi Selatan.

Menurutnya dua relawan yang dikirimnya ini selanjutnya akan bergabung dengan Tim MDMC Jateng dan Yogyakarta mendampingi tim respon tanggap darurat akibat gempa bumi di Kecamatan Pasimarannu, Kabupaten Kepulauan Selayar, Sulawesi Selatan yang terjadi pada dua pekan lalu.

Relawan MDMC yang diikutkan pada kegiatan ini yakni Fathul Faruq yang juga merupakan anggota divisi Diklat MDMC pusat bersama dengan Ananda Yoga Saputra untuk bergabung sesuai surat tugas adalah selama 1 hingga 30 Januari 2022.

“Menurut info yang kami terima dari MDMC pusat, nanti mereka akan difokuskan di Pulau Kalaotoa yaitu di Desa Garaupa dan Desa Garaupa Raya, Kecamatan Pasilambena. Kedua desa tersebut merupakan desa terjauh dari Pulau Selayar dengan jarak tempuh kurang lebih 12 jam. Dikoordinir dari Kantor PDM Kabupaten Kepulauan Selayar, dengan Kecamatan Benteng sebagai Pos Koordinasi (Poskor).” ujar Satrio, Minggu (02/12/2022).

Kini keduanya telah diberangkatkan bersama-sama puluhan relawan MDMC Jateng dan Yogya melalui kapal laut ke Selayar sebagai relawan susulan.

“Dari Jawa Tengah telah diberangkatkan sebanyak 5 orang mereka akan membantu kerja poskor Muhammadiyah Selayar dan pendirian hunian darurat bagi warga terdampak. Selain bantuan relawan MDMC Jateng juga turut memberikan bantuan logistik dan sembako,” kata Satrio.

Seperti diketahui Gempa bumi berkekuatan magnitudo (M) 4,0 mengguncang wilayah kepulayan Pasilambena, Kabupaten Selayar, Sulawesi Selatan (Sulsel). Pusat gempa berada di laut pada Jumat (17/12/2021), sekitar pukul 03.12 WIB. Setidaknya 230 rumah dilaporkan BNPB rusak akibat gempa tersebut. Hingga hari ini masih ribuan orang dilaporkan berada di pengungsian. (YM/YM)

KOMENTAR SEDULUR ISK :

No More Posts Available.

No more pages to load.