Meriah, Karnaval HUT RI Tingkat Kabupaten Jepara

oleh -2,680 kali dibaca

Jepara, isknews.com (Lintas Jepara) – Karnaval dalam rangka peringatan HUT RI tahun 2017 tingkat Kabupaten Jepara berlangsung meriah, Selasa (15/8/2017). Selain dari peserta karnaval, kemeriahan juga nampak dari ribuan warga Jepara yang ikut menonton. Ribuan peserta dari siswa SMP, SMA hingga perwakilan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) cukup memukau ribuan warga yang rela berpanas-panasan.

Karnaval ini diikuti oleh 43 perwakilan instansi dan sekolah di Kabupaten Jepara. Tidak hanya semarak dari sisi banyaknya peserta dan penonton. Tetapi juga banyaknya materi dan kreasi yang mengagumkan dari masing-masing peserta karnaval. Mulai dari gerak tari, musik dan joged tradisional, pakaian nasional dan adat berbagai daerah, hingga pakaian hasil produksi daur ulang limbah juga ikut memeriahkan jalannya karnaval.

Masyarakat Jepara dari berbagai penjuru menyambut dan bertumpah-ruah di beberapa ruas jalan dari depan Pendapa Kabupaten kearah barat hingga Sanggar Pramuka untuk menyaksikan karnaval HUT Proklamasi Kemerdekaan RI Ke-72. Ironisnya walaupun kondisi cuaca panas dengan teriknya matahari, masyarakat tidak peduli dan tetap berdiri di sepanjang trotoar toko di sejumlah jalan yang dilalui rute karnaval yang dilaksanakan, Senin (14/08/2017) siang.

Pantauan dilapangan, karnaval berlangsung semarak, pasalnya ribuan peserta dari tingkat SMP, SMA dan umum mengangkat berbagai konsep, baik dengan mengangkat potensi Jepara maupun potensi masing-masing instansinya. Karnaval ini dengan rute mulai start depan Pendapa Kabupaten terus melalui ke Jln. Diponegoro – Jln. Veteran – Jln.dr. Sutomo – Jln. Mangunsarkoro – Jln. MH. Thamrin – Brigjen Katamso dan kembali ke Alun-alun Jepara.

Sementara itu, Kasie Kesenian pada Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Jepara Joko P mengatakan, jumlah peserta ada 43 kelompok yang masing-masing maksimal terdiri dari 300 orang. “Secara umum hampir sama dengan tahun lalu konsepnya, masih ingin mengangkat berbagai potensi daerah. Hanya saja dari sisi peserta jauh lebih meriah tahun ini,” ujarnya.

Joko menambahkan, kegiatan ini pada prinsipnya untuk mengingatkan kembali nilai-nilai perjuangan para pahlawan yang telah gugur yang membela negara dan bangsa khususnya pahlawan di Jepara. Menumbuh kembangkan kembali kreatifitas anak-anak untuk berkiprah didalam mengisi dari pada proklamasi kemerdekaan itu. “Ini juga memberikan semacam pelajaran warga masyarakat di Jepara khususnya bahwa nilai perjuangan para pahlawan tidak gugur tapi masih dikembangkan oleh adik-adik kita,” ujarnya.

Sementara itu, Kepala Badan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD) Jepara Anwar Haryono yang juga ikut karnaval mengungkapkan jika pihaknya mengerahkan sekitar 100 orang pegawainya. “Kali ini kita mengangkat konsep melayani dengan sepenuh hati. Dengan simbol tawon yang kita angkat ingin menyampaikan kepada masyarakat dalam memberikan pelayanan atau pemungutan pajak harus memberikan pelayanan yang terbaik,” jelasnya. (ZA)

KOMENTAR SEDULUR ISK :

No More Posts Available.

No more pages to load.