Mewujudkan Generasi Cerdas, GenBI Komisariat IAIN Kudus Gelar GenBI Mengajar di Lima Titik Lokasi

oleh -364 kali dibaca

Generasi Baru Indonesia (GenBI) Komisariat IAIN Kudus dalam menjalankan kegiatan senantiasa berpedoman pada salah satu fungsi GenBI yakni sebagai front liner atau garda terdepan dalam mengkomunikasikan kebijakan Bank Indonesia kepada masyarakat, termasuk anak-anak.

Salah satu program unggulan GenBI Komisariat IAIN Kudus yakni GenBI Mengajar dengan mengusung tema “Create to Inspire: It’s Fun Time to Learn and Play With GenBI”. Untuk periode ini, GenBI IAIN Kudus menggelar GenBI Mengajar sebanyak tujuh pertemuan terhitung pada bulan Februari sampai Maret 2022 di berbagai lokasi seperti panti asuhan dan sekolah dasar.

Pada hari Sabtu, 12 Maret 2022, GenBI Komisariat IAIN Kudus melaksanakan GenBI Mengajar di SD 3 Margorejo, Kecamatan Dawe, Kabupaten Kudus. GenBI Mengajar tersebut merupakan pertemuan yang ke tujuh setelah sebelumnya program GenBI Mengajar dilaksanakan di Panti Asuhan Darul Hadlonah Kudus tanggal 11 dan 18 Februari 2022, Panti Asuhan Budi Luhur Kudus tanggal 13 dan 20 Februari 2022, SD 1 Margorejo tanggal 12 Februari 2022, dan SD 2 Margorejo pada tanggal 26 Februari 2022.

Hal-hal yang diajarkan selama kegiatan GenBI Mengajar begitu beragam, diantaranya adalah materi CBP (Cinta, Bangga, Paham) Rupiah, materi tersebut merupakan materi utama yang harus disebarluaskan kepada anak-anak utamanya dalam menjaga dan merawat keaslian uang rupiah. Lalu sosialisasi UPK (Uang Peringatan Kemerdekaan) 75 dan CIKUR (Ciri-ciri Keaslian Uang Rupiah). Pemberian materi tersebut dilakukan dengan metode FGD (Focuss Group Discusssion).
Selain pemberian materi, juga terdapat sesi permainan unik dan kreatif hasil gagasan anggota GenBI Komisariat IAIN Kudus.

Diantaranya adalah Permainan Ular Tangga COINS (Create to Inspire), Permainan Ular Naga, Permainan Charades (Tebak Gambar), dan Permainan Literasi. Seluruh permainan tersebut mampu membuat anak-anak cekatan, menambah pengetahuan dan wawasan.

Salah satu permainan yang paling diminati anak-anak adalah Permainan Ular Tangga COINS, karena permainan tersebut bukan seperti permainan ular tangga pada umumnya, permainan tersebut secara resmi terdapat buku panduannya dan telah diperkenalkan (launching) ke khalayak.

Permainan Ular Tangga COINS menggunakan papan dari banner raksasa berukuran 3×3 meter, yang mana dimainkan oleh anak-anak secara langsung. Permainan tersebut memberikan wawasan bagi anak-anak seputar CBP rupiah, kebudayaan, dan keagamaan.

Diluar itu, para pimpinan dari sejumlah panti asuhan dan sekolah dasar sangat mengapresiasi kegiatan GenBI Mengajar yang dilaksanakan oleh GenBI Komisariat IAIN Kudus.

Harapannya, melalui GenBI Mengajar mampu memberikan ilmu pengetahuan dan wawasan baru kepada anak-anak, serta diimplementasikan pada kehidupan sehari-hari. (ADH/*)

KOMENTAR SEDULUR ISK :

No More Posts Available.

No more pages to load.