Nelayan Yakin Subsidi Solar Tak Akan Dicabut

oleh -985 kali dibaca

Jepara, isknews.com (Lintas Jepara) – Pemerintah melalui Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pujiastuti beberapa waktu lalu berencana mencabut subsidi solar bagi nelayan. Namun rencana ini tidak ditanggapi serius oleh Himpunan Nelayan Seluruh Indonesia (HNSI) Jepara. Rencana itu dianggap HNSI hanya sebuah wacana.

Ketua HNSI Jepara Sudiyatno mengaku optimis jika subsidi bagi nelayan itu tidak mungkin dilakukan. Solar bersubsidi, bagi nelayan masih sangat dibutuhkan. Dirinya menyebut, organisasinya satu kata dalam urusan tersebut. “Sampai hari ini kami anggap hal itu masih sebagai wacana,” ucap Sudiyatno, Rabu (16/8/2017).

Sudiyatno menambahkan, persoalan ini juga akan dibahas pada musyawarah nasional HNSI  September mendatang. Di Munas itu juga akan dibahas berbagai permasalahan lain yang dihadapi nelayan. Sejauh ini sikap dari pusat hingga daerah masih sama yakni subsidi solar terhadap nelayan harus diberikan. “Saat ini masih satu suara soal itu. Nanti juga akan dibahas di Munas,” imbuhnya.

Sejauh ini, kata Sudiyatno, distribusi solar bagi nelayan di Jepara tidak bermasalah. Dirinya menyebut, dari empat Stasiun Pengisian Bahan Bakar Nelayan (SPBBN) yang ada, mencukupi kebutuhan dan tidak ada kebocoran. SPBBN di Kabupaten Jepara berada di Ujung Batu, Mlonggo, Donorojo, dan Kedung.

“Empat SPBBN yang ada cukup melayani kebutuhan dan hanya diperuntukan bagi nelayan. Tidak ada kebocoran alias zero persen, karena nelayan kan tahu mana yang nelayan mana yang tidak,” tandasnya. (ZA)

KOMENTAR SEDULUR ISK :

No More Posts Available.

No more pages to load.