On Fire, Ratusan Armada dan Awak Bus di Kudus Siap Angkut Lonjakan Arus Pemudik

oleh -419 kali dibaca
Ketua DPC Organda Kudus Mahnudun di Terminal Jati Kudus (Foto: YM)

Kudus, isknews.com – Sebanyak 30 juta pemudik diperkirakan akan memasuki Provinsi Jawa Tengah dan 30 persennya diperkirakan akan memasuki jalur Pantura termasuk wilayah Kabupaten Kudus. Untuk menghadapi lonjakan para penumpang bus yang akan mudik pada Lebaran Idul Fitri 2022.

Organisasi Angkutan Darat (Organda) Kabupaten Kudus memastikan diri siap kedatangan pemudik dari luar Kudus. Terlebih pemerintah pusat telah melonggarkan aturan mudik lebaran Idul Fitri 2022.

Ketua Organda Kudus Mahmudun menyebut, momentum mudik merupakan momen yang paling ditunggu para pengusaha transportasi. Untuk itu segala persiapan pun sudah disiapkan matang sejak awal.

“Organda siap dengan adanya pemudik. Persiapan kru, perlengkapan, semuanya siap, semua dalam kondisi on fire untuk angkut lonjakan arus mudik lebaran,” kata Mahmudun di Terminal Tipe A Jati, Kudus, Selasa (26/04/2022).

Pada para pengusaha, pihaknya telah berkoordinasi untuk lebih berhati-hati menyiapkan armada bus mudik. Harus dipastikan armada yang turun benar-benar sehat dan prima.

Lebih lanjut, Mahmudun juga memastikan para kru bus baik itu sopir maupun kernet sudah mendapatkan vaksin covid-19 lengkap.

“Pandemi covid-19 sudah dua tahun, jadi semuanya sudah mempersiapkan sejak lama. Random cek juga nanti akan kami lakukan. Kami juga sampaikan pengusaha untuk lebih berhati-hati menyiapkan armada dan kru busnya. Harus benar-benar prima, sehat mental dan fisiknya,” ungkapnya.

Diperkirakan jumlah pemudik tahun ini akan sangat naik dari tahun sebelumnya. Mahmudun merincikan, setidaknya ratusan armada bus dari Kudus disiapkan untuk momen ini. Seperti PO Haryanto menyiagakan 300 armada bus, PO Shantika 100 unit, PO Pahala Kencana 25 unit, dan PO Nusantara sekitar 20 unit armada bus. Pun bila diperlukan, tambahan armada juga mulai disiapkan.

Sebuah bus jurusan Jakarta saat usai menurunkan penumpang di Terminal Jati Kudus (Foto: YM)

“Alhamdulillah per empat hari ini, PO Shantika membeli 2 unit bus antisipasi lonjakan pemudik tahun ini. Karena memang antusias masyarakat luar biasa,” katanya.

Sementara itu, Kepala Terminal Jati Kudus, Indarto mengungkapkan ada random cek di terminal. Seperti pengecekan kesehatan di posko yang sudah disediakan. Scan barcode PeduliLindungi juga akan diberlakukan, memastikan para penumpang dan kru aman dan sehat.

“Nanti ada petugas yang masuk ke bus untuk scan barcode PeduliLindungi. Pengecekan vaksin, agar mudik aman dan sehat,” ujarnya. (YM/YM)

KOMENTAR SEDULUR ISK :

No More Posts Available.

No more pages to load.