Pantau Kualitas Daging, Dinas Pertanian dan Pangan Sidak Pedagang Besar dan Pasar Tradisional

oleh

Kudus, isknews.com – Demi melihat kualitas dan kelayakan komoditas daging yang dijual di sejumlah pasar tradisional di Kudus, Dinas Pertanian dan Pangan Kabupaten Kudus melakukan sidak baik dipedagang besar maupun di pasar tradisional. 

Kasi Produksi dan Kesehatan Hewan pada Dinas Pertanian dan Pangan, Sidi Pramono, mengatakan pihaknya secara kontinyu melakukan pemeriksaan daging yang dijual untuk dikonsumsi. Apalagi ini dalam rangka menghadapi hari raya Idul Fitri.

TRENDING :  Area Parkir di Sentra Lentog Tanjungkarang Akan Dicor

Menurut Sidi, sejumlah pasar dan pedagang besar pun sudah dilakukan pemantauan dan pemeriksaan sejak Sabtu (16/05/20202) lalu.

Ilustrasi lapak penjualan daging disebuah pasar tradisional (Foto: istimewa)

“Beberapa pasar yang  sudah kami lakukan pemeriksaan diantaranya adalah  pasar Jekulo, pasar Kliwon dan pasar Bitingan serta pedagang besar di Gebog. Alhamdulillah dari hasil pemeriksaan yang dilakukan memang tidak ditemui adanya daging campuran,” ujar Sidi saat dijumpai di sebuah pasar tradisional di Kudus, Kamis (21/05/2020).

TRENDING :  Toko Modern Banyak Yang Langgar Aturan Jam Buka

Masih kata Sidi Pramono, selain melakukan pengawasan terhadap daging, pihaknya juga melakukan pengawasan terhadap telur. Karena telur dari trading tidak boleh dijual untuk dikonsumsi.

TRENDING :  PKL Sepanjang Jalan Rogowangsan Pati Ditertibkan Satpol PP

“Karena telur trading adalah telur yang memang khusus untuk ditetaskan. Menurut aturan pemerintah, telur tetas tidak boleh diperjualbelikan,” ungkapnya.

Namun setelah dilakukan pemeriksaan, juga tidak ditemui telur tetas yang diperjualbelikan. (YM/YM)

KOMENTAR SEDULUR ISK :