Proyeksi Musim Giling 2022 PG Rendeng, 270 Ribu Ton Tebu dengan 2500 TCD

oleh -460 kali dibaca
Kepala Bagian Tanaman PG Rendeng Kudus, Febri Prasetyawan (Foto: YM)

Kudus, isknews.com – Pasca revitalisasi mesin giling di PG Rendeng Kudus yang berlangsung selama 2020 hingga 2021, Manajer PG Rendeng Erwin Tri Hatmoko melalui Kepala Bagian Tanaman Febri Prasetyawan mengatakan, pihaknya akan kembali memulai giling tebu pada tanggal 15 Mei 2022 dengan timbang perdana pada 12 Mei mendatang.

“Dengan proyeksi giling mencapai angka 270 ribu ton tebu dari 4000 hektar lahan yang ada di wilayah Kabupaten Kudus, Jepara, Pati dan Rembang. Tahun sebelumnya kami memang tak melakukan giling. Kami berharap tahun ini menjadi awal yang lebih baik,” paparnya.

Rencananya musim giling ini akan berlangsung selama 97 hari untuk memenuhi kebutuhan panen tebu di atas lahan seluas 4.000 hektare.

“Dalam proses giling ini, kami menargetkan rendemen 7,1 persen. Dengan rendemen ini diharapkan petani beramai-ramai untuk menggilingkan tebunya ke PG Rendeng, tuturnya.

Menurutnya, pihaknya juga sudah melakukan uji coba mesin pada 2021 lalu mencapai 20 kali dan hasil nilainya diperoleh nilai 98,7.mesin pabrik pada 25 April lalu telah lolos tes dengan skor 98,7 persen.

“‎Nilai 98,7 ini membuat mesin PG Rendeng sudah siap dan layak operasional pada tahun ini. Mesin ini memiliki kapasitas giling hingga 4000 ton cane day (TCD) meski kami hanya akan menyiapkannya 2.500 TCD per hari,” ujar dia.

Pihaknya sudah melaksanakan temu forum kemitraan dengan para petani tebu yang tersebar di Kabupaten Jepara, Kudus, Pati hingga Rembang.

‎”Selain PG Rendeng Kudus, memang PG lainnya juga butuh pasokan. Tapi bagaimana kita berusaha agar bisa melaksanakan musim giling ini secara lancar,” ujar dia.

Dia menyampaikan, setelah revitalisasi mesin pada tahun 2019 lalu dengan anggaran sebesar Rp 250 miliar. (YM/YM)

KOMENTAR SEDULUR ISK :

No More Posts Available.

No more pages to load.