Puskesmas Jati Gelar Vaksinasi Ibu Hamil Dosis Pertama

oleh -641 kali dibaca

Kudus, isknews.com – UPTD Puskesmas Jati, Kudus menggelar kegiatan vaksinasi bagi ibu hamil untuk dosis pertama, Kamis (19/08) pagi tadi. Kegiatan dimulai dari pukul 09.00 hingga 11.00. Diikuti oleh puluhan ibu hamil dengan tetap mematuhi protokol kesehatan dengan ketat.

Kepala Puskesmas Jati, Amad Muhammad, menyebut, ada sekitar 179 ibu hamil yang disasar dari 8 wilayah kerja puskesmas setempat. Adapun delapan wilayah kerja tersebut, antara lain Desa Jati Kulon, Loram Kulon, Pasuruhan Lor, Pasuruhan Kidul, Tanjungkarang, Jetiskapuan, Jati Wetan dan Ploso.

Sementara untuk hari ini, sudah ada 28 ibu hamil yang datang untuk mendukung program vaksinasi dari target kuota 50 ibu hamil perharinya.

“Jumlah target kuota hari ini 50 bumil, yang datang ada 28 bumil dan tunda 7 bumil,” ujarnya.

Ibu-ibu hamil tengah mengikuti kegiatan vaksinasi di UPTD Puskesmas Jati, Kudus (foto istimewa)

Pihaknya berharap, seluruh sasaran ibu hamil yang memenuhi syarat bisa ikut mendukung program vaksinasi khusus ibu hamil. Hal ini bertujuan untuk tambahan proteksi bagi ibu dan janinnya terhadap penularan virus covid-19.

“Harapan kami seluruh sasaran ibu hamil yg telah memenuhi syarat dapat diarahkan segera untuk mendapatkan vaksinasi covid-19,” tandasnya.

Sementara itu, untuk syarat ibu hamil dalam vaksinasi kali ini, kata Amak, dimulai dari trimester kedua kehamilan atau yang usia kehamilannya sudah memasuki 13 minggu hingga 33 minggu. Kemudian, berada di wilayah yang berpotensi tinggi penularan covid-19.

“Jika usia kurang dari 13 minggu, maka vaksinasi ditunda,” imbuhnya.

Selain itu, tekanan darah tidak lebih dari 140/90 mmHg, mendapat persetujuan dari dokter apabila mengidap penyakit autoimun, serta terpantau khusus bagi yang memiliki riwayat alergi berat.

Sementara untuk vaksin yang digunakan sendiri, lanjut Amad, adalah vaksin sinovac. Yang mana, bagi ibu hamil yang sudah disuntik vaksin dosis pertama hari ini akan dilanjutkan penyuntikan vaksin dosis kedua 28 hari kemudian.

“Pesan saya, monggo ibu-ibu hamil segera komunikasi, konsultasi dengan petugas kami, dengan bidan desa kami untuk segera mengikuti vaksinasi. Vaksin covid-19 aman untuk ibu hamil, jangan ada keraguan kekhawatiran,” pungkasnya. (MY/YM)

KOMENTAR SEDULUR ISK :

No More Posts Available.

No more pages to load.