Ratusan Warga Binaan Rutan Kudus Ikuti Simulasi Pemungutan Suara KPU

oleh
Salah seorang warga binaan saat melakukan simulasi pemungutan suara Pilleg dan Pilpres 2019 (Foto: YM)

Kudus, isknews.com – Sejumlah seratusan warga Binaan di Rutan Kelas II B Kudus, pagi tadi mengikuti gelar sosialisasi dan simulasi pemungutan suara yang di lakukan oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kudus bersama sejumlah anggota Relawan Demokrasi di aula pertemuan Rutan tersebut.

Mendekati hari H pelaksanaan pemungutan suara, KPU Kudus terus melakukan sosialisasi dan simulasi pemilu di sejumlah kalangan atau segmen pemilih. Kali ini, mereka melakukan sosialisasi di Rumah Tahanan Kelas II B Kudus, setelah pada hari sebelumnya menggelar simulasi pencoblosan di kantor sekretariatnya, Senin (01/04/2019).

Komisioner KPU Kudus Miftahurrohmah, saat memberikan sosialisasi pemungutan suara kepada warga binaan Rutan Kelas II B Kudus (Foto: YM)

Komisioner KPU Kudus, Achmad Kholil mengatakan, dalam sosialisasi ini menyampaikan bagaimana pentingnya pemilu, tata cara pencoblosan, pindah memilih, dan bagaimana memilih dengan baik dan benar kepada sejumlah warga binaan yang menyimak sembari lesehan di atas karpet aula.

TRENDING :  Lima Komisioner Bawaslu Kudus Lakukan Konsolidasi dengan PJ Bupati dan Sekda

Berbagai hal tentang pemilu dia sampaikan , termasuk memilih calon berdasarkan visi misi dan rekam jejaknya. Ia juga mengimbau agar warga binaan tidak golput pada pemilu 17 April nanti.

TRENDING :  Polres Kudus Nyatakan Siap Amankan Pelaksanaan Pemilu 2019

“Kami tempatkan satu Tempat Pemungutan Suara (TPS) di Rutan Kudus,” ujarnya.

Kegiatan sosialisasi yang bertajuk “ Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Kudus, Relawan Basis Marginal Sosialisasi Pendidikan Demokrasi dalam Rangka Menyongsong Pemilu Serentak 2019″  itu diikuti oleh ratusan orang perwakilan napi/tahanan dari 178 orang yang terdaftar pemilih tetap (DPT).

Sosialisasi Pemilu tersebut disampaikan oleh dua orang anggota Komisioner KPU Kudus, Miftahurrohmah dan Achmad Kholil dengan materi tentang daftar pemilih, tata cara pencoblosan, larangan pada pemilu  dan hal teknis lain terkait pemilu.

Sementara itu Kasubbid Layanan Tahanan Rutan Kelas 2B Kudus, Eko Budi Hartanto, mengapresiasi kegiatan ini. menurutnya, apalagi pemilu merupakan momentum  yang sangat penting bagi masyarakat Indonesia tak terkecuali warga binan Rutan Kudus.

TRENDING :  Bawaslu Kudus Rangkul Banyak Ormas Dan Komunitas, Libatkan Dalam Pengawasan Partisipatif

“Saat ini di Rutan Kudus di huni sebanyak 178 warga binaan. Jumlah itu 15 persenya adalah dari luar Kudus sedangkan sisanya dari Kudus, kami berharap warga binaan bisa mengikuti pelaksanaan pemilu 2019 dan menggunakan hak pilihnya dengan baik,” ujarnya. (YM/YM)

KOMENTAR SEDULUR ISK :