Ribuan Masyarakat Kabupaten Pati Belum Ber-eKTP

oleh

Pati, isknews.com (Lintas Pati) – Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dispendukcapil) Pati mencatat, hingga saat ini sebanyak 114.063 warga Bumi Mina Tani belum memiliki kartu tanda penduduk elektronik (e-KPT). Untuk itu, pihaknya akan terus menggencarkan sosialisasi terkait pentingnya kartu penduduk tersebut.

“Sebanyak 11,08 persen masyarakat masih belum memiliki e-KTP,” terang Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Dispendukcapil Pati, Rubiyono, belum lama ini.

Untuk jumlah tertinggi daerah yang belum melakukan rekaman yakni di Kecamatan Sukolilo yang mencapai 4.059 orang. Disusul, Kecamatan Kayen yang mencapai 3.574 orang.

“Kebanyakan di daerah tersebut banyak warganya yang merantau dan belum pulang, sehingga mereka tidak bisa melakukan rekaman,” ungkapnya.

Lanjutnya, untuk masyarakat yang belum memiliki e-KTP untuk segera melangsungkan perekaman. Sehingga akhir Desember 2017 ini, masyarakat sudah ber-e-KTP semuanya.

Selain itu, bagi masyarakat yang sudah melakukan perekaman dan memiliki Surat Keterangan (Suket) untuk menggantinya dengan e-KTP. Mengingat, blanko e-KTP masih tersedia di Dispendukcapil Pati.

“Sosialisasi akan kami galakkan, agar semua penduduk Pati terdata dengan baik, sehingga bisa mempermudah akses layanan kependudukan yang lain,” bebernya. (Wr)

KOMENTAR SEDULUR ISK :