Sedekah Bumi, Warga Pelemgede Lakukan Ritual Selametan di Makam Pendiri

oleh

Pati, isknews.com (Lintas Pati) – Warga Desa Pelemgede Kecamatan Pucakwangi Kabupaten Pati Jawa Tengah menggelar ritual selametan di makam sesepuh desa, Kamis (14/9/2017) Pagi.
Tradisi budaya yang rutin dilakukan setiap tahun dalam rangka bersih desa (sedekah Bumi), merupakan wujud syukur warga desa atas melimpahnya penen hasil pertanian.

Selain melakukan selametan ( Kondangan) di makam pendiri, sedekah bumi tahun ini menggelar banyak perlombaan, Menurut dr Hadi M Kepala Desa Pelemgede, sedekah bumi tahun ini lebih meriah dibanding tahun sebelumnya. Antausiasme warga dalam memeriahkan kegiatan tersebut terlihat dari jumlah peserta yang mengikuti berbagai lomba yang di selenggarakan oleh panitia.

TRENDING :  Dunia Terbalik, Penerima Rastra Di Tlogorejo Didominasi Orang Kaya

“Kami bersyukur atas limpahan rizki yang diberikan kepada masyarakat kami, sebagai bentuk syukur setiap tahun kami menggelar acara sedekah bumi dengan melakukan selametan (kondangan) di makam pendiri desa, untuk tahun ini terlihat lebih meriah. Hal tersebut kami rasakan dari banyaknya warga kami yang ikut dalam perayaan karnaval maupun keikutsertaanya dalam berbagai lomba,” jelas Hadi M.

TRENDING :  Mengaku BAPENAS Diduga Melakukan Penipuan berkedok Pemberian Bantuan

Ritual selamatan di makam pendiri desa, Satu persatu warga desa lantas berdatangan membawa bakul yang berisikan nasi, gudangan, mie goreng, tahu, tempe, telur dan ikan. Mereka lantas meletakkan barang bawaanya itu di halaman depan makam pendiri desa.

Setelah doa selesai dipanjatkan, ratusan warga baik dari desa setempat maupun luar langsung berebutan mengambil bakul yang telah berisi nasi itu. Mereka kemudian berebut nasi lengkap dengan lauk-pauk ditaruh dalam karung untuk di bawa pulang.

TRENDING :  Kawanan Rampok Berpistol Satroni Indomaret

“Biasanya yang datang untuk selametan ini tidak hanya dari warga saya, melainkan juga datang dari beberapa desa tetangga, menurut keyakinan mereka, nasi yang didapat dari sedekah bumi bisa membawa berkah,’’lanjut Kepala Desa.

Untuk memeriahkan bersih desa, panitia juga menggelar beberapa lomba diantaranya, Lomba Bola Volly, Sepak bola, Tarik Tambang, Jalan Sehat dan juga ada hiburan kesenian seperti kesenian Ketoprak, Wayang Kulit dan beberapa kesenian yang lain. (Wr)

KOMENTAR SEDULUR ISK :