Sempat Lenyap Beberapa Pekan di Kudus, 420 Karton Minyakita Tiba di Pasar Baru

oleh -1,106 kali dibaca
Ratusan karton minyak goreng bersubsidi Minyakita saat didistribusikan ke sejumlah pedagang di Pasar Baru Kudus, Jumat, 24/02/2023 (Foto : YM)

Kudus, isknews.com – Setelah beberapa pekan langka dan sulit dicari keberadaannya di sejumlah pasar tradisional di kota kretek. Hari ini sebanyak 420 karton minyak goreng bersubsidi yang bermerek Minyakita dari kementerian perdagangan kembali didropping ke puluhan pedagang di Pasar Baru Kudus.

Minyakita yang duluncurkan pemerintah Indonesia pada tahun 2022 mendadak langka memang sempat langka secara merata hampir di semua daerah. Atau bila ditemui harganya tinggi, Padahal, berdasarkan peraturan Menteri Perdagangan (Permendag) 49 Tahun 2022, minyak goreng rakyat terdiri atas minyak curah dan MinyaKita yang diatur oleh pemerintah dengan harga eceran tertinggi (HET) sebesar Rp 14.000 per liter.

Ahmad Anwar, Perwakilan Produsen PT Bina Karya Prima wilayah Karesidenan Pati menyebut, untuk harga minyakita per satu liter dibaderol seharga Rp 12.600 dari pihak produsen. Sedangkan untuk pedagang yang menjual ke pembeli maksimal dijual dengan harga Rp 14.000.

“Jatah awal itu 22.000 karton, dan kami belum tahu droppingan berikutnya itu kapan. Kalau hari ini sudah didropping 420 karton di Pasar Baru,” terangnya.

Masing-masing toko, lanjutnya, mendapatkan dropping minyakita maksimal 7 karton saja dan sebelumnya telah dilakukan pendataan terlebih dahulu.

Pedagang yang diberikan dropping minyakita hanya pedagang sembako. Sementara pedagang di luar itu tidak diberikan jatah.

“Yang data memang dari sales, harus menyertakan KTP. Dulu pembelian minyakita memang tidak dibatasi, tapi sekarang sudah dibatasi dari pusat,” ujarnya.

Sementara itu, Koordinator Pasar Baru, Didik Soneta mengatakan, tersedianya kembali stok minyakita bisa membantu warga.

Mengingat minyakita banyak dicari lantaran harganya yang lebih murah dibanding merk minyak goreng lainnya.

“Kemarin yang cari banyak, tapi kosong. Ini datang ratusan karton,” ungkapnya. (AS/YM)

KOMENTAR SEDULUR ISK :

No More Posts Available.

No more pages to load.