SMK N 2 KUDUS MERAIH JUARA 1 LOMBA KRENOVA TINGKAT KABUPATEN KUDUS

oleh
Lulut Witono dan M. Kholif jurusan TKR (Teknologi Kendaraan Ringan) siswa SMK 2 Kudus mendapatkan juara 1 ( Foto : Istimewa )

KUDUS,ISKNEWS.COM – Dengan mengusung inovasi Smart Emergency Card (SEC), siswa SMKN 2 Kudus, Lulut Witono dan M. Kholif jurusan TKR (Teknologi Kendaraan Ringan) mendapatkan juara 1 setelah mengalahkan 124 karya siswa dan mahasiswa yang masuk ke panitia Krenova BAPPEDA.

Lomba yang sudah dimulai pada bulan April seleksi tahap 1 di BAPPEDA KUDUS dan bulan Mei sampai Juni penjurian tahap 2 (final) ini bertempat di MAN 2 Kudus di Prambatan Lor untuk kategori siswa/mahasiswa dan penilaian home visit untuk kategori masyarkat umum dengan juri dari dinas kabupaten kudus seperti Bappeda, Dinas perdagangan, Dinas kesehatan, BKK dll. Banyak pengunjung penasaran dengan inovasi yang diciptakan oleh para putra daerah ini.

Berikut hasil Lomba tahunan Krenova (Kreasi dan Inovasi) tingkat kabupaten di Kudus untuk tingkat siswa/ mahasiswa adalah

TRENDING :  Puluhan Sekolah Adu Keterampilan Pramuka di Jambore Ranting Kaliwungu

Juara 1 : SMK 2 Kudus
Juara 2 : MAN 1 Kudus
Juara 3 : SMK maarif
Harapan 1 : SMA 2 Kudus
Harapan 2 : MAN 2 Kudus
Harapan 3 : UNS

Lulut Witono, siswa TKR 1 SMK N 2 menyampaikan alasan pengambilan tema ini,” Teknologi yang disematkan adalah system kontrol pada pintu mobil melalui kartu.”

Ditambahkanya,”Apabila pemilik mobil ketinggalan kuncinya di dalam mobil, pemilik bisa membuka pintu mobil melalui kartu yang sudah kami desain sedemikian rupa. Kartu tersebut juga bisa digandakan sejumlah yang diinginkan. Selain itu, teknologi ini juga bisa diaplikasikan untuk semua jenis mobil.”

” Teknologi ini penemuan baru belum ada di mobil manapun. ” Tegasnya.

TRENDING :  PT.Semen Gresik Dorong Budidaya Rumput Raja di Rembang

“Teknologi darurat secara cepat ini untuk menangani kunci ketinggalan di dalam pintu saat pintu posisi terkunci. Kalau panggil tukamg kunci, perlu waktu dan menghabiskan biaya mahal, belum lagi kalau di luar kota. Ndak mungkin juga bawa kunci serep.” Ujarnya mengakhiri pembicaraan ini.

Sedangkan pembimbing siswa M Iwan Prasetya, S.Pd dan Heru Tri, S.Pd secara mengejutkan juga tampil juara 3 di kategori Masyarakat Umum dengan innovasi Smart Key Chain mengejutkan dirinya.

“Kita iseng iseng ikutan sambil membimbing siswa, apa salahnya kita mempersiapkan sekalian. Ternyata kita juga menang, setelah tahun lalu siswa kita hanya mampu bertengger juara 3. Alhamdulillah, Allah mengijabahi doa kita.” kata guru produktif TKR yang juga jebolan SMK N 2 ini.

TRENDING :  Dr. Suparnyo, SH, MS Dilantik Sebagai Rektor UMK Periode 2016 - 2020

“Smart Key Chain atau Teknologi System Keamanan sepeda motor yang mempunyai prinsip seperti kunci immobilizer di mobil serta mempunyai kode internal pada sepeda motor.” Pungkasnya.

Sedang untuk kategori Masyarakat Umum juaranya adalah :

Juara 1 : Tong Biorganik. Noor Akhsan,jekulo.
Juara 2 : Labu Jipang. Rubiyanti Pedawang.
Juara 3 : Smart Key Chain. M. Iwan Prasetya dan Heru Tri .Rejosari
Juara harapan 1 : Goku Online, Fathun Naim, Jepang
Juara harapan 2 : Pengembangan Paket Belajar bagi Difabel Netra, Janu Arlin Wibowo, Gondosari
Juara harapan 3 : Kompor Besi.Loram Wetan

Selain mendapatkan sertifikat dan uang pembinaan, juara pertama akan maju ke tingkat Jawa Tengah mewakili Kudus. ( * )

KOMENTAR SEDULUR ISK :