,

Stan Ekraf Kabupaten Kudus Raih Juara 1, Terbaik di Semarak KaTa Kreatif 2024 Banyumas

oleh -932 kali dibaca
Stan ekonomi kreatif Kabupaten Kudus meraih juara 1 terbaik dalam Semarak KaTa Kreatif 2024 Jawa Tengah di Banyumas (Foto: istimewa/Disbudpar kudus)

Kudus, isknews.com – Kabupaten Kudus berhasil meraih juara 1 sebagai stan ekonomi kreatif (Ekraf) terbaik dalam event Semarak KaTa (Kabupaten/Kota) Kreatif 2024 tingkat Jawa Tengah. Acara ini digelar di Menara Pandang Teratai Purwokerto, Kabupaten Banyumas, dari Jumat hingga Minggu (21-23 Juni 2024).

Penghargaan juara 1 diberikan kepada Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Kudus. Stan pameran ekraf Kudus menarik perhatian dengan desain apik bernuansa klasik yang menggunakan ornamen batu-bata merah.

Di dalam stan tersebut, dipamerkan berbagai produk ekonomi kreatif dari Kudus, seperti ukiran gebyok rumah adat Kudus ‘Joglo Pencu’, produk fesyen dengan bordir icik, hingga berbagai produk kopi dari Muria.

Atraksi natah (mengukir) gebyok ‘Joglo Pencu’ menjadi salah satu daya tarik stan Kudus, yang juga dijadikan sebagai wisata edukasi oleh para pelaku ekraf dari Desa Wisata Kaliwungu. Selain itu, barista dari Paguyuban Kopi Muria menampilkan wisata edukasi tentang cara menyeduh Kopi Muria, memberikan pengalaman unik bagi pengunjung.

Tim dari Disbudpar Kudus juga aktif memperkenalkan potensi budaya dan wisata yang ada di Kota Kretek kepada para pengunjung.

“Perolehan juara 1 stan terbaik ini merupakan hasil kerjasama semua pihak yang terlibat,” ujar Kepala Disbudpar Kudus, Mutrikah, pada Minggu (23 Juni 2024). Ia menjelaskan bahwa keikutsertaan Kudus dalam event Semarak KaTa Kreatif 2024 Jawa Tengah ini adalah salah satu cara untuk mempromosikan potensi ekonomi kreatif, budaya, dan pariwisata Kudus kepada masyarakat luas.

Mutrikah berharap potensi yang dimiliki Kudus semakin dikenal luas oleh masyarakat dan berdampak pada peningkatan jumlah kunjungan wisatawan.

“Tentu dengan upaya getol promosi ini diharapkan mampu menarik masyarakat untuk berlama-lama wisata di Kudus, dan harapannya juga berdampak positif bagi peningkatan perekonomian masyarakat,” tambahnya.

Dengan prestasi ini, Kabupaten Kudus tidak hanya menunjukkan kekayaan ekonominya tetapi juga mempromosikan keunikan budaya dan potensi wisata yang luar biasa, menjadikan Kudus sebagai tujuan wisata yang menarik di Jawa Tengah. (YM/YM)

KOMENTAR SEDULUR ISK :

No More Posts Available.

No more pages to load.