Tanpa Upacara Dalam Skala Besar, Apel Pembukaan TMMD Reguler 107 di Gelar di Makodim Kudus

oleh -217 kali dibaca

Kudus, isknews.com – Ditiadakannya serangkaian upacara pembukaan dan kegiatan besar-besaran, seperti pada setiap kegiatan Tentara Manunggal Membangun Desa (TMMD) Reguler yang digelar oleh Kodim 0722 Kudus, tidak mengurangi khidmatnya apel pembukaan kegiatan tersebut.

TMMD Reguler 107 Kodim 0722/Kudus yang dijadwalkan digelar Senin, 16 Maret 2020, khusus pada kegiatan upacara pembukaan dalam skala besar ditiadakan. Hal ini dilakukan sebagai bentuk tindak lanjut upaya bersama pada pencegahan penyebaran Covid – 19 di Kabupaten Kudus.

Komandan Kodim 0722/Kudus, Letnan Kolonel Arm Irwansyah saat melakukan ceking pasukan jelang emberangkatan menuju lokasi TMMD Reguler 107 di Desa kedungsari Gebog Kudus (Foto: YM)

Komandan Kodim 0722/Kudus, Letnan Kolonel Arm Irwansyah mengatakan pembatalan ini dilakukan menindaklanjuti instruksi Plt. Bupati Kudus, M Hartopo untuk tidak melakukan kegiatan pengerahan massa. Guna memutus mata rantai penularan virus asal Wuhan, China.

Meski tidak ada acara upacara pembukaan, pihaknya memastikan kegiatan TMMD tetap berjalan. Dimulai dengan apel dan pengecekan satuan tugas (Satgas) di Makodim 0722/Kudus. Sekitar pukul 08.00 WIB, satgas di lepas menuju desa Kedungsari, Kecamatan Gebog.

Kepada para Satgas, Irwansyah berpesan agar menjalankan tugas ini dengan sebaik mungkin. Dan tetap menjaga kemanunggalan antara TNI dengan masyarakat.

Ditengah merebaknya corona, dia berpesan agar TNI bisa menjaga kondisi kesehatannya. Terlebih mereka bertugas di ruang terbuka.

Sejumlah pasukan BKO yang ikut menjadi stgas TMMD saat akan diberangkatkan dari Makodim 0722 Kudus (Foto: YM)

“Tata cara pencegahan corona yang telah diajarkan, bisa diterapkan dan disebarkan ke masyarakat,” ujar dia.

Termasuk sosialisasi prilaku hidup bersih dan sehat (PHBS) dengan jaga pola makan, asupan gizi, olahraga dan higiene sanitasi juga perlu dilakukan. Guna meningkatkan kesadaran masyarakat akan upaya preventif corona.

“Secara formal kita sudah kerjasama dengan Dinas Kesehatan Kabupaten Kudus. Namun, para anggota TNI bisa mensosialisasikannya secara informal kepada masyarakat,” kata dia.

Diketahui, TMMD Reguler 107 ini memiliki sasaran utama betonisasi jalan sepanjang 900 meter yang menghubungkan dukuh Talun dan Modalrejo. Dengan anggaran total sekitar Rp. 845 juta jalan tersebut akan di beton dengan lebar 3 meter dan ketebalan 15 centimeter.

Sementara pasukan yang di BKO Satgas TMMD Reguler ke 107 Ta.2020 Kodim 0722/ Kudus adalah Yonif 410/ Alugoro (Blora) berjumlah 72 orang personil yang dipimpin oleh Lettu Inf Sudirno (Danki Yonif 410/ Alugoro), Yonzipur 4/TK (Ambarawa) berjumlah 8 orang personil yang dipimpin oleh Serda Teguh Prayogo (Danru Yonzipur 4/ TK) dan Lanumad A. Yani (Semarang) berjumlah 10 orang personil yang dipimpin oleh Serka Gunadi ( Danru Lanumad A.Yani). (YM/YM)

KOMENTAR SEDULUR ISK :

No More Posts Available.

No more pages to load.