Terima Remisi, Dua Napi Langsung Bebas

oleh -931 kali dibaca

Jepara, isknews.com (Lintas Jepara) – Dua narapidana di rumah tahanan (Rutan) Jepara langsung bebas setelah mendapatkan remisi umum 17 Agustus 2017 dari Kementrian Hukum dan hak Asasi Manusia Republik Indonesia (RI). Penyerahan remisi ini, diberikan Bupati Jepara Ahmad Marzuqi dalam upacara bendera peringatan HUT ke 72 Kemerdekaan RI tahun 2017 di halaman kantor Setda Jepara.

Dengan mengenakan kaos warna biru, Eko Agus dan Abdul Ghofur merasa lega, tepat pada HUT RI ke 72 ini keduanya dinyatakan bebas menjalani masa tahanan setelah mendapatkan remisi dari pemerintah. Ghofur mendapatkan remisi atau pengurangan masa pidana selama dua bulan sedangkan Agus mendapatkan remisi empat bulan.

Dalam sambutannya, Wakil Bupati Jepara Dian Kristiandi mengatakan, pemberian remisi tersebut merupakan kewajiban negara dalam memenuhi hak-hak narapidana yang diatur dalam Undang-Undang. Salah satunya UU Nomor 12 Tahun 1995 tentang Pemasyarakatan. Remisi bukan anugerah pengurangan hukuman karena belas kasihan negara terhadap terpidana. Tapi hak yang diberikan berdasarkan persyaratan yang diatur dalam UU.

Dikatakan Andi, remisi ini merupakan instrumen untuk merubah prilaku seseorang dari yang tidak baik menjadi baik. “Remisi ini diberikan pemerintah, bertempatan dengan Hari Ulang Tahun Kemerdekaan RI ke 72 kepada warga rumah tahanan yang memiliki prestasi baik selama menjalani masa tahanan,” ujarnya.

Diharapkan dengan remisi ini dapat percepat kembalinya mereka ke dalam kehidupan bermasyarakat. Agar mereka mempunyai kesempatan kembali untuk memperbaiki diri dan berusaha untuk melanjutkan kehidupann bersama keluarganya. “perbaiki kualitas diri, dengan berkumpul bersama keluarga,” imbuhnya.

Sementara itu, total narapidana yang mendapatkan remisi 17 Agustus Tahun 2017 sebanyak 72 narapidana. 69 diantaranya mendapatkan remisi umum I serta 3 lainnya remisi umum II. “Sedangkan dua diantaranya dinyatakan bebas, setelah mendapatkan remisi,” tandasnya. (ZA)

KOMENTAR SEDULUR ISK :

No More Posts Available.

No more pages to load.