Wonosoco Diterjang Banjir Bandang, Dilaporkan 5 Rumah Terendam Air dan Lumpur

oleh

Kudus, isknews.com – Banjir bandang malam ini melanda Desa Wonosoco, tepatnya di RT 1 RW 1 yang berdekatan dengan lokasi Sendong Dewot, Wonosoco Kecamatan Undaan Kudus, Senin (09/12/2019).

Dalam peristiwa yang terjadi sekitar pukul 18.00 tersebut, dilaporkan lima rumah terendam air yang disertai unsur material lumpur, bebatuan dengan kedalaman lumpur sekitar 10 centimeter.

Menurut Camat Undaan Rifa’i Nawawi, yang dihubungi melalui telefon selularnya mengatakan, kawasan desa Wonosoco memang mengalami hujan deras sejak beberapa hari ini. Hujan sore sebelumnya berakibat banjir bandang yang berdampak pada permukiman di sekitaran lokasi.

TRENDING :  Hilang Sejak Januari 2017, Gadis Asal Gebog Ditemukan Di Rembang

“Tadi pukul 18.00 banjir bandang memang terjadi di Wonosoco, tidak ada korban jiwa dalam peristiwa tersebut. Namun beberapa permukiman di desa itu sempat terendam banjir bercampur lumpur. Kondisi malam ini air telah surut. Warga berupaya membersihkan sisa lumpur akibat banjir. ,” kata Rifai.

Dia memastikan jika saat ini banjir sudah surut. Banjir bandang yang menerjang permukiman hanya berlangsung singkat.

“Selain banjir, ada lima tiang listrik roboh di Jalan Kalirejo-Prawoto. Ini proses penanganan. Sore tadi memang hujannya deras dan juga angin,” kata dia.

TRENDING :  Embung Ngemplak Bakal Jadi Destinasi Wisata Mancing Mania Andalan di Kudus

Malam ini Wilayah Wonosoco juga terpantau mengalami pemadaman listrik sejak dari Babalan dikarenakan ada tiang listrik yang roboh dan dari Proto imbas curah hujan yang tinggi disertai angin kencang.

Sementara, Kepala Desa Wonosoco, Setiyo Budi, menjelaskan banjir bandang terjadi setelah debit air di Sungai Londo meluap.

“Luapan sungai Londo yang berakibat banjir bandang itu. Hanya 4 rumah yang kemasukan air dan sudah dibersihkan oleh warga. Lumpur yang masuk ke Sendang Dewot juga tak banyak.” kata dia.

TRENDING :  Ganjar : Mahasiswa Baru UMK Harus Tanam Pohon Di Wonosoco

Adapun rumah warga yang terkena banjir dan genangan air menimpa rumah Zukaeni, Sutriman, Yudi, Sumejo dan Suwanto semuanya warga RT 04 RW 1 Desa Wonosoco Undaan Kudus.

Dikabarkan tak hanya Banjir Banjang di Desa Wonosoco, hujan lebat yang melanda kawasan Kecamatan Undaan seharian juga telah mengakibatkan sejumlah rumah gentingnya berhamburan yang terjadi di Desa Kutuk dan Berugenjang.

Rumah Siti Markamah di RT 3 RW 5 Desa Kutuk terimbas atas hujan angin tersebut, rumah dari bambu itupun doyong akibat tersapu angin. (YM/YM)

KOMENTAR SEDULUR ISK :