PT Djarum Bagikan THR Lebih Awal, Agar Buruh Bisa Belanja Sebelum Harga Naik

oleh -616 kali dibaca
Sejumlah kepala blok di Brak megawon 2 saat sedang menghitung uang THR yang diterimanya (Foto: YM)

Kudus, isknews.com – Puluhan ribu buruh dan karyawan perusahaan rokok PT Djarum hari ini menerima THR. Pemberian THR dengan nilai sejumlah Rp 2,382 juta  dilakukan dalam dua tahap, yakni dalam bentuk tunai sebesar Rp. 1 juta sementara sisanya diberikan secara transfer. Total jumlah buruh PT Djarum yang mendapatkan THR hari ini adalah sebanyak  44.861 buruh, Selasa (19/4/2022).

Public Affair Manager PT Djarum Kudus Rahma Mochtar Kusumastra mengungkapkan, total THR yang dibagikan di Kudus sebanyak Rp 102, 780 miliar. Sementara untuk total THR yang dibagikan untuk seluruh karyawan pabrik PT Djarum di Indonesia ada Rp 116, 464 miliar.

Mulai dari Kudus, Demak, Pati, Rembang, Jepara, Temanggung, dan Lombok. Dengan total karyawan sebanyak 52.025 orang.

“Besaran THR yang dibagikan sesuai dengan UMK (Upah Minimum Kabupaten/Kota). Kalau di Kudus itu Rp 2,382 juta,” ungkapnya saat ditemui di PT Djarum brak Megawon II, Kecamatan Jati, Kabupaten Kudus.

Lebih lanjut, Rahma menjelaskan pencairan THR tahun ini dibagi dalam dua mekanisme. Ada yang diberikan secara cash senilai Rp 1 juta, sedangkan sisanya ditransfer lewat masing-masing bank para karyawan.

Pembagian THR PT Djarum ini pun disebut paling awal diantara perusahaan lain di Kudus. Dengan harapan para karyawan bisa segara menikmati dan membelanjakan THR yang diterima.

“Harapannya teman-teman dapat membelanjakan lebih awal sebelum harga (barang di pasaran) naik. Uang yang diserahkan cash bisa langsung dibelanjakan,” harap Rahma.

Sementara itu, Kepala Dinas Tenaga Kerja, Perindustrian, Koperasi, dan UKM (Disnakerperinkop dan UKM) Kabupaten Kudus, Rini Kartika Hadi Ahmawati sengat mengapresiasi pilihan PT Djarum membagikan THR lebih awal.

Pihaknya pun berharap, uang THR yang didapatkan mampu dimanfaatkan sebaik-baiknya.

“Semoga THR bisa dimanfaatkan sebaik-baiknya bagi pekerja,” katanya.

Momen pembagian THR ini sebenarnya telah ditunggu banyak karyawan. Para karyawan yang menerima uang terlihat sangat bahagia dan antusias.

Sri Wahyuningsih (29) pekerja borong PT Djarum brak Megawon II mengaku sangat senang menerima THR hari ini. Uang yang didapatnya akan dimanfaatkan sebaik mungkin.

“Rasanya senang dapat THR. Nanti buat belanja lebaran, buat mudik juga ke Lamongan, kampung halamannya suami,” ungkap perempuan yang bertempat tinggal di Kecamatan Mejobo itu.

Sama halnya dengan Nur Hasanah. Pekerja pabrik rokok Djarum itu juga berniat membelanjakan uang THR-nya untuk keperluan lebaran nantinya.

Pun Ina Isfiyanti yang juga mendapatkan uang THR. Mendapat uang cash 1 juta, ia berniat membelanjakan untuk kebutuhan lebaran.

“Untuk buat beli kebutuhan lebaran, baju lebaran,” ucapnya. (YM/YM)

KOMENTAR SEDULUR ISK :

No More Posts Available.

No more pages to load.