Bawaslu Lantik Serentak PKD di 9 Kecamatan dan 132 Desa dan Kelurahan di Kudus

oleh -920 kali dibaca
Sebanyak 25 PKD dari Kecamatan Kota saat dilantik oleh ketua panwascam Kota, Gunawan, Senin, 06/02/2023 (foto: YM)

Kudus, isknews.com – Meski dilakukan secara bergiliran dan berbagi tugas dengan anggota Bawaslu yang lain, hari ini Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Kudus melantik 132 personel Panitia Pengawas Pemilu Kelurahan/Desa (PKD) di 9 Kecamatan dan 132 Desa dan Kelurahan di Kabupaten Kudus.

Secara simbolis, Ketua Panitia Pengawas Kecamatan Kota Kudus (Panwascam) Gunawan melantik 25 PKD Kecamatan Kota Kudus bertempat di Selera Persada Resto, Kelurahan Demaan, Kudus yang diawali dengan pengambilan sumpah dan janji, serta penandatanganan pakta integritas disaksikan Ketua Bawaslu Kudus Moh Wahibul Minan yang hadir dalam pelantikan.

Dalam keterangannya usai menghadiri pelantikan Wahibul Minan kepada media mengatakan, di Kabupaten Kudus ada sebanyak 132 PKD yang terpilih. Di mana setiap desa/kelurahan dipilih 1 orang personel PKD.

Kepada para PKD yang dilantik, pihaknya berpesan agar mereka intens berkomunikasi dengan Panitia Pemungutan Suara (PPS) hingga Panitia Pemutakhiran Data Pemilih (Pantarlih) di tiap wilayahnya dalam menjalankan tugasnya.

“Personel kita itu kurang karena hanya satu orang. Untuk itu mereka (PKD) bisa intensif melakukan komunikasi,” kata Minan, Senin (06/02/2023).

Minan juga menyadari bahwa jumlah tempat pemungutan suara (TPS) di Kudus banyak, untuk itu memang perlu adanya komunikasi dengan petugas yang lain. Bisa saling bersinergi dalam melakukan tugasnya masing-masing.

Setidaknya di Kecamatan Kota sendiri, data sementara akan ada 350 TPS. Sedangkan keseluruhan Kabupaten Kudus, sementara sudah ada 3.049 TPS.

“PPS itu teknik, panjenengan selaku pengawasnya, bisa saling berkoordinasi,” kata Minan di depan para PKD yang baru saja dilantik.

Kepada para personel PKD yang dilantik, pihaknya juga berpesan agar menjalankan tugasnya sebaik mungkin. Mengawasi semua proses, sesuai dengan aturan yang berlaku.

Terlebih PKD dikatakan Minan merupakan kunci terdepan dalam menyukseskan pengawasan.

“Integritas, sopan santun, etika, harus mereka tekankan,” tegasnya Minan.

Selain itu saat melakukan pengawasan, PKD diharapkan Minan bisa bersikap lebih ramah. Tidak menunjukkan ekspresi menakutkan saat menyelidiki suatu hal.

“Biasa saja, tapi targetnya tercapai,” ucapnya.

Sementara itu, Camat Kota Andrias Wahyu Adi Setiawan mengucapkan selamat kepada PKD yang dilantik hari ini. Terkhusus kepada PKD yang bertugas di wilayah Kecamatan Kota, pihaknya berharap mereka bisa melaksanakan tugas dengan baik.

“Semoga PKD bisa melaksanakan tugas dengan baik dan bisa menjaga kondusifitas wilayah,” harapnya.

Sebab, bisa lolos menjadi personel PKD harus melalui tahapan dan persyaratan yang memenuhi integritas. Sehingga diharapkan bisa menjalankan tugasnya dengan baik. (YM/YM)

KOMENTAR SEDULUR ISK :

No More Posts Available.

No more pages to load.