Corona, Pemkab Kudus Tiadakan Sementara Pelaksanaan Salat Idul Fitri

oleh

Kudus, isknews.com – Pelaksanaan Salat Idul Fitri di Kudus untuk tahun ini di Kudus dihimbau untuk tidak dilaksanakan, keputusan ini terpaksa diambil guna meminimalisir penyebaran Covid-19 dimasyarakat. Hal itu disampaikan Plt Bupati Kudus, HM Hartopo usai rakor dengan forkopimda di ruang Pringgitan Pendopo Kabupaten Kudus, Jum’at (15/05/2020).

Peniadaan sementara salat Idul Fitri pada tahun ini masih menunggu surat Instruksi Bupati Kudus yang akan ditandatanganinya dalam waktu dekat ini berupa surat Instruksi Bupati.

TRENDING :  Alhamdulillah, Uji Lab di Jakarta Nyatakan Pasien Suspect Corona Hasilnya Negatif, Sudah Boleh Pulang

Terkait peniadaan salat Idul Fitri untuik tahun ini di Kudus, Hartopo mengaku ini masih terus akan dikaji dan ini menjadi tantangan tersendiri. Karena diakuinya, kultur di Kudus memang sangat kuat sekali sehingga hal ini nanti akan dibicarakan lebih lanjut.

TRENDING :  Kerukunan Beragama Warga Desa Ploso
Ilustrasi salat idul fitri di Kudus (Foto: istimewa)

“Kami tahu ini berat bagi masyarakat Kudus yang dikenal religius, tapi keputusan ini terpaksa diambil demi menjaga warga Kudus juga, nanti yang masih tetap menyelenggarakan salat Idul Fitri harus bicarakan dulu dengan kami,” ujarnya.

Secara rinci Hartopo mengataka, bila nantinya masih ada yang melaksanakan salat Idul Fitri baik di masjid maupun di lapangan, maka harus menjadi tanggungjawab takmir masjid untuk berkomitmen dengan pemkab.

TRENDING :  Peringati Maulid Nabi 1440H, KRK Gelar Ruqyah Massal

Nantinya surat Instruksi Bupati Kudus, disamping isinya terkait perluasan jam malam yang akan berlaku mulai pukul 21.00 – 06.00 pagi, penambahan checkpoint juga terkait peniadaan sementara salat Idul Fitri tersebut. (YM/YM)

KOMENTAR SEDULUR ISK :