Jalan Kudus-Demak Terputus, Polda Jateng Siapkan Kantong Parkir Kendaraan Besar Disini

oleh -1,857 kali dibaca
Suasana di sebelah selatan Jembatan Tanggulangin, banjir yang menggenangi jalan Pantura Kudus menuju Demak, sebabkan semua jenis kendaraan angkutan darat kini tak lagi bisa melintas (Foto: YM)

Kudus, isknews.com – Sejumlah truk-truk bertonase besar yang terlanjur masuk ke Kudus dan tak dapat lagi melaju akibat putusnya jalan Pantura Kudus-Demak akibat terendam banjir yang menyebabkan jalan utama itu lumpuh tak bisa dilewati kendaraan. Polda Jawa Tengah pun menyiapkan kantong parkir yang berada di sepanjang jalan dari Kudus ke Demak untuk kendaraan beristirahat.

Kapolda Jateng Irjen Pol Ahmad Luthfi mengatakan, dikarenakan jalan Pantura lumpuh, sejumlah rekayasa lalu lintas dilakukan. Salah satunya pengalihan arus melalui jalur alternatif dari Kudus ke Demak.

“Kita pikirkan kendaraan-kendaraan bertonase sumbu 3, sudah kita siapkan juga beberapa kantong parkir biar kendaraan istirahat karena jalan lumpuh. Sebagian (kantong parkir) ada di satu jalur (Kudus-Demak) penjagaan lalu lintas,” jelas Irjen Pol Ahmad Luthfi saat datang meninjau posko pengungsian di DPRD Kudus, Minggu, 17 Maret 2024.

Melihat kondisi debit air Sungai Wulan yang mengalir di sepanjang wilayah Kudus dan Demak, sampai saat ini arusnya sangat deras, Kapolda Jateng berharap hujan tidak kembali turun, sehingga debit air sungai bisa surut.

Dihubungi terpisah, Kanit Turjawali Satlantas Polres Kudus, Ipda Rinto menjelaskan, jalur menuju ke Demak dan Semarang dari Kudus dialihkan melewati Jalan Lingkar Jetak ke jalan Kudus-Jepara ke arah Welahan, lalu ke Mijen, dan berakhir di jalan Desa Trengguli, Kecamatan Wonosalam, Kabupaten Demak. Untuk kemudian pengendara bisa ke arah barat menuju Semarang.

“Sementara ini kami terus koordinasi dengan Polres Demak terkait arus di jalur alternatif. Sampai saat ini, kondisi jalan masih aman dilewati dua arah kendaraan sumbu tiga meskipun arus lalu lintas lumayan padat, tapi tetap bisa jalan terus,” ungkap Ipda Rinto.

Lebih lanjut, pihaknya mengungkapkan bahwa sejumlah titik jalan di Kudus masih tergenang air banjir sampai saat ini.

Diantaranya ada di Jalan Lingkar depan Hotel Griptha Kudus, serta Jalan Lingkar Barat.

Untuk jalan depan hotel Griptha, menurut Ipda Rinto masih aman dilewati kendaraan. Namun untuk Jalan Lingkar Barat dekat Trisnata, hanya bisa dilalui kendaraan roda 4 dan sumbu tiga. Untuk kendaraan roda dua, lebih baik melawati jalur lainnya.

“Sementara ini tidak ada kemacetan di Kudus. Di jalan lingkar tidak ada, lingkar barat juga aman,” ucapnya. (YM/YM)

KOMENTAR SEDULUR ISK :

No More Posts Available.

No more pages to load.