Jurusan Kuliner SMK Assa’idiyyah 2 Kudus Pelajari 34 Menu Inti dan Khas Kudus

oleh
Jurusan Kuliner SMK Assa'idiyyah 2 Kudus Pelajari 34 Menu Inti dan Khas Kudus ISKNEWS.COM
Foto: Istimewa

Kudus, ISKNEWS.COM – Sebanyak 34 menu makanan nusantara diajarkan di SMK Assa’iddiyah 2 jurusan tata boga. Menu-menu tersebut terdiri dari 30 masakan menu inti dan 4 menu khas Kudus seperti soto, sate kerbau, nasi pindang dan garang asem.

Sedangkan untuk menu unggulan yang sudah dikuasai oleh para siswa adalah ayam taliwang, ikan nila sambal matah, ayam pandan serta sop iga. Menu – menu itu yang sering dipesan atau pre order oleh beberapa komunitas atau perseorangan. Mereka ada yang memesan tempat di resto untuk kegiatan dan juga ada yang pesan launch box.

Ketua Kompetensi Kejuruan Tata Boga SMK Assa’iddiyah 2, Diah Farida Sari mengungkapkan, Namun, saat ini pelayanan dan resto hanya melayani pre order atau memesan terlebih dahulu. “Pemesan yang sudah berjalan masih sebatas lingkungan sekolah, organisasi masyarakat dan rekanan,” Rabu (5/9/2018).

TRENDING :  Polres Kudus Rutin Periksa Kesehatan Tahanan

Pihaknya juga akan memotret menu makanan buatan anak didiknya, dan akan dijadikan koleksi shoot buku menu nya. “Kami sangat berterima kasih kepada Djarum Foundation Bakti Pendidikan, dimana semua bangunan dan perlengkapan serta peralatan dapur dan resto ini memang sepenuhnya dibiayai perusahaan tersebut,” terangnya.

TRENDING :  Regruping SDN 1 dan SDN 2 Bacin Kudus Karena Kekurangan Murid

Dijelaskannya, tahun ini terdapat 90 siswa jurusan Tata Boga (kuliner) mulai dari kelas 10 hingga kelas 12. Tiap kelas diisi 30 siswa, dan mereka sudah diajari memasak 34 menu yang terdiri dari 30 masakan menu inti dan 4 menu khas Kudus seperti soto, nasi pindang, garang asem dan sate kerbau.

Sebanyak 13 siswa yang duduk di kelas 12 telah memiliki pengalaman lapangan dengan On Job Trainning (OJT) ke beberapa hotel terkenal, seperti Hotel Indonesia Jakarta, Hotel Resinda Karawang serta Hotel Padma Bandung. Mereka OJT selama 6 bulan untuk menggali pengalaman ditempat tersebut.

TRENDING :  Jumlah Penduduk Kabupaten Kudus Saat Ini

“Kami berharap semoga siswa bisa sungguh-sungguh dalam menekuni jurusan ini. Sebab tidak mungkin nantinya juga akan memberikan kontribusi saat mereka sudah bekerja, Apalagi dengan dukungan peralatan yang lengkap, bukan tidak mungkin akan menjadi koki profesionalis,” pungkasnya. (AJ/WH)

KOMENTAR SEDULUR ISK :