,

Keseruan Walking Tour Kudus Tuwa kenali Omah kembar hingga Mini Museum Nitisemito

oleh -1,635 kali dibaca

Kudus, isknews.com – Bagi pecinta sejarah, rasanya melihat peninggalan tempo dulu merupakan hal yang mengasyikkan. Ya, seperti itulah yang tergambar pada kegiatan walking tour Kudus Tuwa di Festival Kali Gelis “KRETEK PULANG KE RUMAH #2” yang telah digelar Sabtu (1/6/2024) siang.

Pada walking Kudus Tuwa menawarkan edukasi sejarah Kretek Kudus kala itu, Peserta diajak ke omah kembar, rumah induk nitisemito (kediaman bu Hj. Tatik) dan terakhir di Mini museum peninggalan Nitisemito.

Demikian dikatakan Sakhron Farokhi selaku Ketua Panitia Festival Kali Gelis kepada isknews.com

Dirinya menyebut jika tujuan diadakannya kegiatan ini supaya peserta lebih mengenal sejarah Kretek, karena bagaimanapun sejarah kretek terkadang jarang diketahui, khususnya generasi saat ini,

“Sejarah kretek kami kenalkan dan kemas menarik dalam walking tour Kudus Tuwa, ada 40 peserta yang ikut, dari kaum muda hingga tua turut berpartisipasi, dan mereka sangat antusias,” kata Oki, sapaan akrabnya.

Dalam kegiatan tour tersebut, pihaknya menggandeng komunitas Cerita Kudus Tuwa (CKT) yang menawarkan Tour Kampung Juragan Kretek yang ada di sekitar desa Langgardalem dengan mengunjungi beberapa rumah peninggalan Nitisemito salah satunya adalah omah kembar. Beberapa koleksi peninggalan sang Raja Kretek Nitisemito yang otentik bisa disaksikan.

Oki menjelaskan, Event Festival Kali Gelis “Kretek Pulang ke Rumah Jilid 2” sebagai bentuk kelanjutan kegiatan “Kretek Pulang ke Rumah 2023” yang diselenggarakan oleh Kudus Tobacco Lagacy dan Republik Tembakau Akar Roemput (RTAR) dan dalam rangka “Nguri-uri” Budaya Kretek di Kota Kudus, dimana dalam penyelenggaraannya melibatkan UKM/UMKM dan komuntas hobi terkait. (AS/YM)

KOMENTAR SEDULUR ISK :