, ,

Pelajar SMA 1 Kudus Persembahkan Dharmalaksana Mahabakti Kartini

oleh -1,102 kali dibaca

Kudus, isknews.com – Memperingati Hari Lahir Raden Ajeng Kartini yang jatuh setiap 21 April, Pelajar SMA 1 Kudus pada Senin, 22 April 2024, menggelar acara fashion show, bertemakan Dharmalaksana Mahabakti Kartini.

Bertempat di aula outdoor setempat, sebanyak 12 peserta fashion show (6 laki-laki dan 6 perempuan) menampilkan pakaian adat nusantara. Diantaranya mengenakan adat kudus hingga adat bali. Nantinya akan dipilih pasangan Kartono dan Kartini melalui vooting dari keseluruhan siswa yang ada.

Demikian dikatakan Kepala SMA Negeri 1 Kudus, Sudiharto disela-sela kegiatan fashion show kepada wartawan di ruang kerjanya.

Dirinya menjelaskan, perayaan Hari Kartini yang telah berlangsung itu sebagai bentuk ekspresi mengenang jasa RA Kartini, dimana sosok Kartini telah memperjuangkan perempuan dalam pejuang emansipasi, kesetaraan atau kesempatan yang sama dengan kaum laki-laki.

Dimana, lanjutnya, perempuan memiliki posisi yang sama dengan laki-laki, baik di masyarakat, dalam hal Pendidikan hingga pemerintahan.

“Saat ini, kaum perempuan telah sejajar, seirama dengan kaum laki-laki. Sehingga, hasil perjuangan dari RA Kartini bisa dirasakan hingga sekarang. Kami lihat arah perkembangan hasilnya dan menjadi tokoh masyarakat, sehingga inilah hasilnya,” ungkapnya.

Sementara itu, Waka Kesiswaan SMA 1 Kudus, Sulistyani, menambahkan, pemilihan Kartini Kartono dilakukan berdasarkan penilaian dari fashion show, public speaking dan unjuk bakat.

“Siswa-siswi lainnya diberikan hak untuk memilih dengan sistem voting. Jadi perbandingan penilaiannya 50 persen voting dan penilaian juri 50 persen,” imbuhnya. (AS/YM)

KOMENTAR SEDULUR ISK :