Polres Kudus Nyatakan Siap Amankan Pelaksanaan Pemilu 2019

oleh
Kapolres Kudus AKBP Satono saat memberikan paparannya tentang keamanan menjelang Pemilu (Foto YM)

Kudus, isknews.com – Guna memberikan suasana nyaman dan menyenangkan dalam pelaksanaan Pemilu yang akan berlangsung pada tanggal 17 April 2019 yang tinggal dalam hitungan hari, serta dalam menyambut masa tenang kampanye, Polres Kudus, KPU dan Bawaslu Kabupaten Kudus pagi tadi menggelar konferensi pers bersama terkait kesiapan personel dan logistik dalam mengamankan dan menyelenggarakan pesta demokrasi Pemilu 2019 di Kabupaten Kudus.

Berlangsung di ruang Gula Tumbu Hotel @hom, Kapolres Kudus, AKBP Saptono yang di dampingi sejumlah perwira dan kepala satuan di instansinya, menyampaikan, pihaknya akan mengamankan secara maksimal pelaksanaan pemilu.

“Pengamanan pemilu akan kami mulai hari ini dengan menerjunkan 546 personel anggota Polres Kudus ditambah bantuan dari Kodim 0722 sebanyak 100 personel,” katanya di hadapan awak media, Sabtu (13/4/2019).

TRENDING :  KPU Serahkan 10 Item APK 15 Parpol Peserta Pemilu 2019

Ratusan personel tersebut akan melakukan pengamanan sejak distribusi logistik hingga perhitungan selesai. Jadwal distribusi surat suara pada tujuh kecamatan akan dilaksanakan siang nanti.

“Pengamanan langsung dilakukan masing-masing Polsek dengan sistem jemput ke gudang langsung, termasuk pengamanan gudang logistik di masing-masing kecamatan,” jelas Saptono.

TRENDING :  Bawaslu Jepara Ajak Polisi Ikut Awasi Pemilu

Pos Pengamanan (Pospam) terpadu juga akan dijalankan mulai Minggu (14/4/2019) besok. Tiap harinya 15 personel gabungan akan disiagakan. Personel gabungan terdiri dari 5 pihak kepolisian, 5 TNI, dan 5 Satpol PP.

Tak hanya itu, Kapolres AKBP Saptono juga menyampaikan bahwa, anggotanya akan melakukan patroli tiap hari untuk menjaga kondusifitas.

“Memang hingga kini belum ditemukan adanya gangguan kondusifitas terkait pemilu. Titik rawan juga belum ditemukan hingga sekarang. Namun, pihaknya tetap menjamin kesiapan anggotanya terkait pengamanan pemilu, tetap kami akan lakukan patroli rutin,” tandasnya.

TRENDING :  Tangkal Kelompok Radikal Ansor Pati Bidik 1.000 Banser
Suasana jumpa pers Kapolres Kudus AKBP Saptono yang didampingi ketua KPU Kudus Naily Syarifah dan Komisioner Bawaslu Kasmi’an (Foto : YM)

Komisioner Bawaslu Kudus Kasmian, juga menyatakan kesiapannya terkait pengawasan jalannya pesta demokrasi 5 tahunan ini. Pendeteksian dini pelanggaran ataupun kesalahan dalam proses juga terus dilakukan hingga sekarang.

“Kami coba mencegah kesalahan sekecil mungkin, terutama pada pemberian surat suara pada pengguna surat A5 supaya tidak tertukar,” lanjutnya.

Sementara terkait pelaksanaan, Kepala KPU Kudus, Naily Syarifah menjelaskan, hingga kini jumlah DPT berada di angka 630.618. Sedang jumlah TPS akan berjumlah 3.049 buah yang tersebar di 132 desa.

“Pengiriman logistik di Kudus akan dimulai hari ini di tujuh kecamatan. Sedang dua kecamatan yakni Kota dan Jati dilaksanakan tanggal 15,” tandasnya. (YM/YM)

KOMENTAR SEDULUR ISK :