Ramadhan, UMKU Salurkan Zakat Mal dan Ribuan Paket Sembako Serta Mobil Operasional Ponpes

oleh -326 views
Rektor dan pejabat teras UMKU saat membagikan zakat mal dan 3352 paket sembako untuk Amal Usaha Muhamadiyah (AUM) di Kabupaten Kudus dan sekitarnya (Foto: istimewa)

Kudus, isknews.com – Ditengah Pandemi Covid -19 yang belum mereda, Universitas Muhamadiyah Kudus (UMKU) kembali membagikan zakat mal dan 3352  paket sembako untuk Amal Usaha Muhamadiyah (AUM) di Kabupaten Kudus dan sekitarnya, Selasa (08/04/2020)

Kegiatan dilaksanakan di Ruang Serbaguna UMKU. Program zakat dan pembagian paket sembako dilakukan untuk membantu dan berbagi kepada masyarakat, khususnya warga Muhammadiyah.

Menurut Rektor UMKU Rusnoto, program zakat dan pembagian paket sembako ini merupakan program rutin yang dilakukan UMKU setiap bulan Ramadhan menjelang Idul Fitri.

“Program penyaluran zakat mal dan pembagian paket sembako ini sudah menjadi rutinitas UMKU, tak lain adalah agar apa yang kami bagi, bisa bermanfaat bagi semua”. Ungkapnya saat membuka kegiatan penyaluran zakat dan sembako.

Program zakat ini merupakan kebijakan Universitas, dimana dana zakat diambil dari sebagian gaji pegawai dan dosen yang telah memenuhi nisab. Kesadaran kebijakan ini dilandasi dari pemahaman tentang pentingnya dan manfaat Zakat bagi sesama manusia.

“Selain dua program rutin, juga penyerahan secara simbolis mobil opresional kepada Pondok Pesantren Muhamamidyah Kudus. Penyerahan secara simbolis hari ini di terima oleh Ust. Nadhif. Kami berharap mobil ini dapat membantu para santri di pondok Muhamadiyah untuk antar jemput dan berbagai kegiatan lainnya”. Kata Rusnoto

Ketua Badan Pengurus Harian (BPH) UMKU Drs. H. Sajad, M.Pd, dalam sambutannya menyampaikan bahwa rezeki harus dibagi-bagi. Pendistribusian ini haruslah atas dasar kerelaan.

Rektor UMKU Rusnoto saat penyerahan secara simbolis mobil opresional kepada Pondok Pesantren Muhamamidyah Kudus (Foto: istimewa)

“Saya pribadi sangat senang, karena UMKU melakukan bahkan menjadikan program ini sebagai program rutin setiap tahun,” kata Sajad.

Dijelaskannya, program ini merupakan bentuk kepedulian dosen dan karyawan UMKU kepada para masyarakat dan AUM yang ada di Kudus dan sekitarnya.

“Semoga apa yang diberikan bisa menjadi keberkahan bagi semua, dan kami mohon doa kepada bapak ibu, agar UMKU bisa menjadi lebih baik dan konsisten dalam menebar kebaikan” tuturnya.

Dari catatannya ada sebanyak 32 AUM yang menerima zakat, mulai dari Lazismu Kudus, Panitia pembangunan masjid, Pimpinan Ranting Muhamadiyah, MI Muhamadiyah 1 Kudus, MCC PDM Kudus,  IMM Kudus, PDPM, Masjid, Madrasah Diniyah, Panti asuhan,  Hingga Kelompok Bermain dan TK Aisyiyah.

Sedangkan penerima sembako yakni, masyarakat, guru dan karyawan Muhammadiyah dan Aisyiyah, Mubaligh Muhamadiyah, PAY Muhamadiyah hingga pondok pesantren Muhamadiyah. (YM/YM)

KOMENTAR SEDULUR ISK :