Tak Pandang Bulu Bawaslu Sikat APK Di Pohon, Tiang Listrik Dan Zona Larangan

oleh
Tak pandang bulu, semua jenis APK yang melanggar di copot oleh para anggota Bawaslu dan Satpol PP (Foto: YM)

 Kudus, isknews.com – Kemarin Ratusan APK dan Bahan Kampanye Dicopot Bawaslu Kudus, dari kawasan Kecamatan Dawe dan Kota, dipimpin oleh Koordinator Kecamtan masing masing , pelaksanaan dilaksanakan sejak pagi hingga sore hari.

Didampingi Petugas Satpol PP selaku eksekutor pelaksana penertiban dan anggota Bawaslu Kabupaten Kudus bersama staf, mereka mencopot APK atau bahan kampanye yang mayoritas dipasang di pohon, atau tempat-tempat yang menjadi larangan dilakukan pemasangan APK, Rabu, (19/02/2019).

Menurut Ketua Koordinator Kecamatan Kota, Ediyono dirinya bersama sejumlah anggotanya dan Satpol PP Kabupaten dan Trantib Kecamatan kota mengadakan kegiatan penertiban Alat Peraga Kampanye (APK) di wilayah kecamatan kota yang dinilai melanggar aturan dalam pemasanganya.

TRENDING :  KPU Serahkan 10 Item APK 15 Parpol Peserta Pemilu 2019

“Utamanya  di jalan jalan yang dilarang sesuai keputusan KPU kudus nomor 74/PL. 01.5-kpt/3319/KPU-Kab/IX/2018 tentang zonasi pemasangan APK, dan juga yg menempel dipasang di pohon-pohon pnghijauan serta tiang listrik juga ikut dibersihkan karena melanggar UU K3 (Kebersihan, Ketertiban dan Keindahan),” kata Ediyono.

Dalam kegiatan penertiban  itu menrutnya telah dihasilkan barang bukti pelanggaran yg mencapai ratusan, terdiri dari gambar caleg, gambar capres dan cawapres, dan juga gambar parpol, semua barang bukti disimpan di belakang kantor eks kecamatan kota.

“Untuk menjaga jika ada pihak yg merasa punya mau mengambil barangnya kembali, kegiatan pembersihan di wilayah kec kota dimulai jam 14.00 dan berakhir jam 19.00,” terang dia.

TRENDING :  Perkenalkan Relawan Demokrasi KPU Gelar Festival Di CFD

Sementara itu Komisioner Bawaslu Kudus, Rifan  mengatakan, hingga hari ini dalam kegiatan penertiban se wilayah Kabupaten Kudus,  pihaknya mencatat ada 4.631 APK maupunbahan kampanye yang melanggar.

Sebagai contoh pelanggaran yaitu ketika APKatau bahan kampanye dipasang di pohon maupun zona terlarang.

“APK maupun bahan kampanye itu umumnya dipasang di pohon maupun dipasang di dekat tempat ibadah dan sekolah,” kata Rif’an .

APK maupun bahan kampanye yang dicopot tidak hanya yang memampang wajah caleg.

TRENDING :  Bawaslu Kudus Catat 7 Temuan Pelanggaran Selama Pemilu 2019
Sejumlah anggota Bawaslu dan Satpol PP saat melepas APK yang di pasang tak sesuai regulasi (Foto: YM)

Peraga kampanye yang terdapat gambar calon presiden dan wakil presiden pun ditertibkan.

“Kami akan melakukan penertiban selama tiga hari ke depan secara rutin. Kami libatkan pengawas di setiap kecamatan dan petugas Satpol PP,” katanya.

Dalam penertiban kali ini, sedikitnya ada 126APK yang bergambar wajah Capres-Cawapres baik pasangan nomor urut 01 dan 02 yang melanggar.

Sebelum melakukan penertiban, pihaknya telah mengajukan rekomendasi ke setiap partai politik untuk mencopot APK yg melggar Namun rupanya diabaikan sampai batas waktu sepekan.

“Ya tetap kami tertibkan,” katanya.

Di antara APK yang paling banyak melanggar, katanya, yaitu poster dimana jumlahnya mencapai 3.401 buah. Kemudian bendera partai politik berjumlah 419 buah. Selanjutnya baliho berjumlahnya 341 buah.

“Ada juga spanduk yang jumlahnya mencapai 238 buah, juga kami tertibkan,” kata dia. (YM/YM)

KOMENTAR SEDULUR ISK :