Temulus Desa Mandiri Bisa Antisipasi Kesulitan Kala Bencana Banjir Melanda

oleh
Purwati, Kepala Desa Temulus saat menunjukan sejumllah penganan produk unggulan UKM di wilayahnya (Foto: YM)

Kudus, isknews.com  – Desa Temulus itu luar biasa, desa terpencil dengan akses yang sulit, dengan kondisi geografis paling spesifik, desa ini merupakan kawasan rawan banjir karena dekat sungai dan di lintasi oleh dua aliran sungai yang seringkali meluber dan menjadikan banjir di kawasan ini.

“Jadi Temulus itu desa mandiri yang bisa antisipasi kesulitan kala bencana banjir melanda, Maka kalau saya jadi juri lomba Desa, saya akan jadikan tingkat kesulitan itu sebagai salah satu bahan pertimbangan  untuk memberikan nilai tambah bagi para pengelolanya, aparat dan warganya,” ujar Bupati Kudus HM Tamzil saat meberikan sambutannya dalam pelaksanaan Lomba Desa 2019 yang berlangsung di Desa Temulus Kecamatan Mejobo Kudus, Rabu (27/03/2019).

Bupati Kudus HM Tamzil saat memberikan sambutan pada Lomba Desa di Temulus Mejobo Kudus (Foto: YM)

“Masalah banjir di Kecamatan Mejobo  nanti akan kami sampaikan kepada  pak Gubernur Jateng agar sungai- sungai dapat di normalisasi, karena kuncinya ada di Kali Juana,” tuturnya.

TRENDING :  Tasyakuran Pedagang Wisata Colo Muria

Dilaksanakan di sekitar balai desa, pelaksanaan lomba Desa pagi tadi berlangsung meriah di buka dengan sambutan Kades Temulus, Purwati, dia menjelaskan Kondisi Geografis Desa Temulus yang berjumlah penduduk 6.446 jiwa dan 1.878 KK serta kondisi Pemerintahan Desa yang terdiri dari 6 RW dan 33 RT.

TRENDING :  Sigap Bencana, Pemerintah Kecamatan Mejobo Diacungi Jempol

Seperti dalam pelaksanaan lomba Desa di desa-desa sebelumnya, dalam kegiatan ini juga di gelar stan-stan UMKM yang menjadi produk unggulan Desa Temulus yang dikenal sebagai sentra produksi jenang dan telur asin.

Selain Bupati, dan Kades Purwati hadir dalam esempatan tersebut adalah wakil ketua DPRD Agus Wariono, Kepala Dinas PMD Kudus, Adi Sadhono Murwanto, Kepala Dinas Sosial P3A2KB, Lutful Hakim, Camat Mejobo, Harso Widodo dan sejumlah tamu undangan.

TRENDING :  Aset Provinsi, Warga Tak Boleh Secara Sepihak Tutup Saluran Air Irigasi Hadiwarno

Dalam kesempatan tersebut juga di lakukan secara simbolis , penyerahan bantuan bedah rumah oleh Bupati Kudus kepada 7 orang perwakilan   warga Desa Temulus masing-masing sebesar Rp. 15.000.000, perorang.

“Bantuan ini merupakan bentuk perhatian pemkab Kudus terhadap kesejahteraan masyarakat, terutama dalam hal tempat tinggal yang lebih layak,  semoga dapat dimanfaatkan dengan sebaik-baiknya,” pesan Bupati Kudus. (YM/YM)

KOMENTAR SEDULUR ISK :