Tradisi Sedekah Bumi Meningkatkan Kebersamaan Dan Kerukunan Dalam Kehidupan Bermasyarakat

oleh -1,639 kali dibaca

Kudus, isknews.com – Danramil 08/Gebog Kodim 0722/Kudus Kapten Infantri Sukaryono bersama Unsur muspika kecamatan Gebog kabupaten Kudus, kompak menghadiri acara Tradisi Sedekah Bumi di lapangan balai desa Kedungsari kecamatan Gebog kabupaten Kudus pada Sabtu (29/07/2017) malam.

Sebelumnya pada Sabtu siang, jajaran Muspika kecamatan Gebog menghadiri acara Tradisi Sedekah Bumi di desa Rahtawu, selanjutnya malam hari ini para pemimpin di wilayah kecamatan Gebog hadir bersama dalam rangka tradisi sedekah bumi di desa Kedungsari Kecamatan Gebog kabupaten Kudus.

Pada awal acara, kepala desa Kedungsari , Madekun menyampaikan, bahwa tradisi Sedekah Bumi merupakan tradisi masyarakat dan warisan leluhur yang perlu dilestarikan. Lanjut Kades, “Sedekah Bumi sebagai salah satu ungkapan syukur atas semua nikmat yang telah dikaruniakan Allah Subhanahu Wata’ala sekaligus memohon kepada Allah Tuhan Yang Maha Esa, agar bumi menjadi makmur. Semoga masyarakat desa Kedungsari tetap guyub, rukun dan damai”, jelas Kades Madekun.

Selanjutnya muspika kecamatan Gebog yang diwakili oleh Danramil 08/Gebog Kapten Infantri Sukaryono menyampaikan, “Salah satu nilai tambah yang tercermin dari pelaksanaan Sedekah Bumi ini adalah adanya semangat kebersamaan, kerukunan dan kekompakan. Untuk itu diharapkan masyarakat desa Kedungsari senantiasa menjaga kerukunan dan kekompakan antar sesama serta mengembangkan semangat gotong royong”, tuturnya.

Selanjutnya Danramil juga berpesan, agar semua pihak selalu menjaga iman dan kebaikan, termasuk saat ini kita harus mensyukuri rejeki dari Tuhan YME.

“Perwujudan dari rasa syukur itu bermacam-macam. Menghormati alam dengan mengadakan kegiatan seperti kesenian yang digelar pada malam hari ini sangatlah bagus, dan kami mendukung untuk dilestarikan budaya masyarakat ini”, pungkas Danramil.

Sebelum acara dimulai kegiatan sedekah bumi yang diisi dengan Do’a Bersama dilanjutkan potong tumpeng dan makan bersama, dilanjutkan menyaksikan pagelaran hiburan kesenian _Ketoprak Sido Dadi Budoyo_ dari Kabupaten Blora.

Hadir dalam kegiatan tersebut kurang lebih 250 orang, antara lain Camat, Danramil dan Kapolsek Gebog, Babinsa dan Bhabinkamtibmas Gebog, Ketua BPD dan LPM Desa Kedungsari, Perangkat Desa, Tokoh Agama, Tokoh Masyarakat, Tokoh Pemuda serta warga Desa Kedungsari.

KOMENTAR SEDULUR ISK :

No More Posts Available.

No more pages to load.