Disnaker Perinkop UKM Lakukan Pemantauan Lapangan

by
Disnaker ISKNEWS.COM
Foto: Disnaker Perinkop UKM Kudus bersama LKS Tripartit melakukan pemantauan pengupahan di PT Prima Tobacco Harum, Selasa (13-02-2018). (Istimewa)

Kudus, ISKNEWS.COM – Dinas Tenaga Kerja Perindustrian Koperasi dan Usaha Kecil Menengah (Disnaker Perinkop UKM) Kabupaten Kudus, menggelar monitoring atau pemantauan pengupahan di berbagai bidang usaha atau jasa (perusahaan -red).

Kepala Disnaker Perinkop UKM, Bambang Tri Waluyo melalui Kepala Bidang (Kabid) Hubungan Industrial dan Perselisihan Tenaga Kerja, Anshori mengatakan, pemantauan pengupahan lebih ditekankan dalam penerapan Struktur Skala Upah (SSU) pada pekerja menurut status atau bagiannya.

Dijelaskannya, SSU merupakan susunan perbedaan upah dari yang terendah sampai yang tertinggi. Yang memuat kisaran nominal dari yang terkecil, sampai yang terbesar di tiap golongan jabatan.

TRENDING :  Dinas PMD Kudus Gelar Diskusi Praktik Penggunaan Dana Desa

Selain upah minimum kota/kabupaten, SSU wajib dibuat oleh perusahaan dengan memperhatikan jenjang pendidikan, masa kerja, produktivitas, serta ketrampilan pekerja.

Monitoring atau pemantauan, lanjut Anshori, dilakukan oleh Lembaga Kerja Sama Tripartit (LKS Tripartit) yakni forum komunikasi, konsultasi dan musyawarah tentang masalah ketenagakerjaan.

TRENDING :  Tingkatkan Minat Generasi Muda Melalui Bintek Penulisan Puisi dan Cerpen

“Anggotanya terdiri dari unsur organisasi pengusaha, serikat pekerja atau serikat buruh dan pemerintah,” ujarnya.

Ditambahkan, mereka dibagi dalam dua tim, diantaranya dari Disnaker Perinkop UKM, Dewan Pengurus Kota (DPK), Asosiasi Pengusaha Indonesia (APINDO) Kudus dan Serikat Pekerja Seluruh Indonesia (SPSI) Kudus.

TRENDING :  Mesin Selep Jagung Bising di Pertanyakan Perijinan

KOMENTAR SEDULUR ISK :