Dijejali Pemudik, Usai Libur Lebaran Pemohon Layanan Disdukcapil Kudus Membludag

oleh -71 kali dibaca
Tampak warga yang sedang antri untuk mengurus dokumen kependudukan di Kantor Disdukcapil Kudus, Senin, 09/05/2022 (Foto: YM)

Kudus, isknews.com – Warga masyarakat Kudus yang tinggal di luar kota dan kini sedang mudik tercatat ikut memadati antrean layanan permohonan dolumen kependudukan di Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Kudus, disamping warga Kudus lainnya pada hari pertama buka usai Libur Lebaran pada Senin (09/05/2022) siang.

Dari pantauan media ini, bahkan warga yang datang sampai mengantri di luar ruang layanan kepengurusan administrasi kependudukan. Seperti dialami oleh Nurbiantoro (27) warga asal Kecamatan Kota Kudus yang kini merantau di Jakarta. Dirinya mengantri selama dua jam untuk mengurus surat pindah domisili.

“Mumpung lagi mudik, kesempatan ini saya gunakan untuk mengurus surat pindah domisili ke Jakarta,” terang pria yang bekerja disebuah BUMN di Jakarta hampir 3 tahun ini.

Kepala Disdukcapil Kudus Eko Hari Djatmiko melalui Sekretaris Dinas Disdukcapil Kudus Tulus Triyatmika menyampaikan, layanan sudah mulai ramai dikunjungi warga sejak dibuka. Layanan di Disdukcapil Kudus sendiri saat ini sudah berjalan normal yakni mulai pukul 08.00 WIB sampai dengan pukul 15.00 WIB.

“Sekarang layanan kita sudah berjalan normal seperti biasanya,” ucapnya.

Meski ramai pengunjung, Disdukcapil Kudus tidak membatasi jumlah pengunjung. Diketahui, sebelumnya Disdukcapil Kudus juga membuka layanan Extra Time selama libur Lebaran. Layanan ini dibuka pada tanggal 4 dan 5 Mei 2022 kemarin.

Sekretaris Dinas Disdukcapil Kudus Tulus Triyatmika (YM)

“Kami buka layanan itu sasarannya memang saat itu untuk pemudik,” ucapnya.

Ia menyebut, tidak ada dokumen administrasi yang lebih menonjol dimanfaatkan oleh para pemudik. Layanan yang disediakan Disdukcapil Kudus yaitu pengurusan KK, KIA, pindah domisili, akta kelahiran, akta kematian, rekomendasi pernikahan, cetak KTP elektronik, perekaman KTP elektronik, serta pembaharuan data.

“Semua layanan Disdukcapil Kudus merata dimanfaatkan oleh para pemudik. Layanan extra time dibuka dua hari mulai pukul 08.00 WIB sampai 12.00 WIB,” ucapnya.

Sementara itu, Warga Desa Jati Wetan, Kecamatan Jati, Sukaharyanti menyampaikan pihaknya ikut mengantre di layanan Disdukcapil Kudus karena hari ini merupakan hari pertama. Dirinya mengira layanan di Disdukcapil tidak akan ramai, namun ternyata warga justru membludak.

“Hari ini saya mengurus KK kesini karena ini hari pertama dibuka,” ucapnya.

Dia sendiri sudah mengantre sejak pukul 10.00 WIB dan mendapatkan nomor antrian 117. (YM/YM)

KOMENTAR SEDULUR ISK :

No More Posts Available.

No more pages to load.