Disdukcapil : E-KTP Habis Masa Berlakunya Tak Perlu Diperpanjang

oleh

Kudus, isknews.com – Pertanyaan yang seringkali muncul pada saat masa berlaku KTP  hampir habis atau expired, apabila masa berlaku E-KTP habis apakah masih harus diperpanjang? ada beberapa pihak yang mengatakan E-KTP itu berlaku seumur hidup. Tapi ada juga yang mengatakan E-KTP itu harus diperpanjang karena tertera tanggal masa berlakunya atau tanggal kadaluwarsa.

Meski sudah seringkali dilakukan sosialisasi oleh Disdukcapil Kudus, bahwa masa berlaku KTP elektronik adalah seumur hidup, namun hal ini masih dipertanyakan sebagian masyarakat Kudus dan bahkan mereka mengkhawatirkan harus diperpanjang. Padahal itu tidak tepat dan perlu diluruskan.

Menanggapi hal tersebut Sekretaris Dinas Kependudukan Dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Kudus, Putut Winarno yang ditemui di kantornya, Rabu (24/5/17), menjelaskan, pihaknya sudah melakukan klarifikasi kembali kepada masyarakat melalui surat edaran nomor 045.2/175 perihal penegaskan kembali masa berlakunya E-KTP.

TRENDING :  Ribuan Masyarakat Kabupaten Pati Belum Ber-eKTP

Jadi bagi anda yang sudah memiliki Kartu Tanda Penduduk Elektronik E-KTP dan masa berlaku habis pada 2017 ini, pasti bertanya-tanya apakah harus diperbaharui dengan yang baru?

E-KTP berlaku seumur hidup dan tidak perlu diperpanjang. Kecuali untuk mereka yang mengalami perubahan data perkawinan dan kependudukan. Maka dengan yang bersangkutan perlu mengupdate data terbaru.

Perlu kami sampaikan juga, bahwa untuk proses perekaman E-KTP hanya dilakukan sekali seumur hidup. Hal itu sesuai dengan surat edaran dari menteri dalam negeri.

Berikut cuplikan Surat edaran Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo nomor 470/296/SJ, tanggal 29 januari 2016, tentang KTP elektronik E-KTP berlaku seumur hidup sebagai berikut,

TRENDING :  Puluhan Ribu Kartu E-KTP Rusak Dibakar

Melanjutkan Surat Edaran Nomor : 470/327/SJ tertanggal 17 Januari 2014 perihal perubahan kebijakan dalam penyelenggaraan administrasi kependudukan, serta memperhatikan amanat undang-undang nomor 24 tahun 2013 tentang administrasi kependudukan, dengan hormat diminta kembali saudara hal-hal sebagai berikut :

1. Pasal 64 ayat (7) huruf a Undang-Undang Nomor 24 Tahun 2013, mengamanatkan bahwa E-KTP untuk warga Negara Indonesia masa berlakunya seumur hidup.

2. Selanjutnya dalam pasal 101 huruf c Undang-Undang Nomor 24 Tahun 2013, diamanatkan bahwa E-KTP yang sudah diterbitkan sebelum Undang-Undang Nomor 24 Tahun 2013 ditetapkan seumur hidup. Dengan demikian, E-KTP yang diterbitkan sejak tahun 2011 berlaku seumur hidup, dan tidak perlu diperpanjang walaupun telah habis masa berlakunya.

TRENDING :  Panwaslu Buka Posko Pengaduan Untuk Pemilih yang Belum Miliki E-KTP

“Selanjutnya, berdasarkan ketentuan pasal 101 huruf c undang – undang nomor 24 tahun 2013 tentang perubahan atas undang – unang nomor 23 tahun 2006 tentang adminduk, menegaskan bahwa E-KTP yang sudah diterbitkan sebelum Undang Undang ini ditetapkan berlaku seumur hidup. Jadi masyarakat tidak perlu khawatir dan repot – repot untuk memperbaruinya,” ujar Putut.

Pihaknya setiap pekan melakukan sosialisasi kepada masyarakat berkaitan dengan masa berlakunya E-KTP, dan dirasa hal tersebut sudah dipahami oleh masyarakat. “Jika masyarakat masih ragu atau butuh informasi, segera bertanya kepada kami, dan jangan percaya dengan isu – isu yang beredar yang sumbernya bukan dari Disdukcapil,” katanya. (YM)

KOMENTAR SEDULUR ISK :

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

*

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.