Kasus Covid-19 Masih Tinggi, Desa Tumpangkrasak Inisiatif Lockdown Mikro

oleh -1.076 kali dibaca
Kepala Desa Tumpangkrasak Sarjoko Saputro saat berada di lokasi lockdown mikro di wilayahnya (14/06) (Foto: YM)

Kudus, isknews.com – Tindaklanjut sejumlah Desa di Kudus pasca diterbitkannya Surat Edaran Bupati yang kembali menghimbau warga untuk dirumah saja serta diketemukannya penyebaran Covid-19 varian Delta yang telah masuk di Kudus. Beberapa desa melakukan antisipasi dengan melakukan pembatasan mobilitas warga.

Salah satunya seperti yang dilakukan oleh Pemerintah Desa Tumpangkrasak, Kecamatan Jati, Kabupaten Kudus. Tim Satgas Desa tersebut melakukan antisipasi dengan membatasi mobilitas keluar masuk warga ke wilayah Desa tersebut atau yang dikenal dengan lockdown mikro.

Ditemui dilokasi pembatasan mobilitas warga, Kepala Desa Tumpangkrasak Sarjoko Saputro mengatakan bahwa diwilayahnya akses keluar masuk empat RT di dua RW kini telah dipasang portal pembatas pergerakan warga.

“Diwilayah kami terdapat empat RT di dua RW yang melakukan lockdown mikro yakni wilayah RT 2 RW 3, RT 4 RW 7, RT 5 RW 7 dan RT 3 RW 3. Ini sebagai upaya pencegahan, adanya temuan varian Covid-19 baru yang telah masuk ke Kabupaten Kudus,” Kata Sarjoko Saputro, Senin (14/06/2021).

Selain itu, Pembatasan mobilitas warga ini sebagai tindaklanjut himbauan pemerintah untuk tetap di rumah saja hingga tanggal 20 Juni 2021 mendatang.

Masih kata Sarjoko, pembatasan mobilitas ini dilakukan dengan cara buka tutup akses masuk.

“Untuk buka tutup di masing-masing RT  berbeda-beda, ada yang 24 jam penuh seperti di RT 04 RW VII , ada yang ditutup malam dan pagi di buka,” ujarnya.

Pembatasan ini dilakukan hingga batas waktu yang tidak ditentukan. Menyesuaikan dengan perkembangan kasus di daerah masing-masing.

“Kita lihat nanti. Kalau kasusnya sudah turun banyak, ya kita buka lagi,” ucapnya.

Disinggung mengenai angka covid di Tumpangkrasak. Sarjoko mengungkapkan saat ini lebih dari 30 warganya yang aktif terkonfirmasi positif Covid-19.

Dengan rincian 15 warga isolasi mandiri di rumah, 17 warga isolasi terpusat di Asrama Haji Donohudan Boyolali. Untuk angka kematian akibat covid di Tumpangkrasak sebulan ini ada 5 kasus. (YM/YM)

KOMENTAR SEDULUR ISK :

No More Posts Available.

No more pages to load.