Musim Tanam 1 Tiba, Air Dari Waduk Kedungombo Digelontor

oleh

Kudus, isknews.com – Sesuai kesepakatan, daerah irigasi (DI) Klambu Wilalung digelontor air dari Waduk Kedungombo, penggelontoran dilakukan sejak hari Rabu kemarin hingga hari ini Jumat (09/10/2020).

Pelaksana tugas Kadinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Arief Budi Siswanto melalui Kepala Unit Pelaksana Teknis (UPT) Pengairan II, Muhtarom, menyebut debit yang digelontorkan enam meter kubik per detik. Penataan pembagian air persekunder dan bangunan bagi masih dilakukan.

“Hal ini merupakan kesepakatan pengelola DI Sidorejo, DI Sedadi, DI Klambu Kiri, DI Klambu Kanan, DI Klambu Wilalung, Federasi Perkumpulan Petani Pemakai Air (P3A) Sistem Kedung Ombo serta institusi pengelola pengairan wilayah Kabupaten Demak, Grobogan, Pati, Kudus dan Jepara, Rabu (9/9) lalu, ‘Sesuai kesepatan, tahapannya seperti itu,” katanya, Jumat (09/10/2020).

Kepala Unit Pelaksana Teknis (UPT) Pengairan II, Muhtarom bersama tim gabungan saat memantau penggelontoran air di DIKlambu Wilalung (Foto: istimewa)

Masing-masing pihak bersedia mengawal dan menghemat air untuk wilayah kerjanya masing-masing. Kesepakatan lain, tidak akan ada tuntutan kepada pemerintah jika dalam perjalananan MT I 2020-2021 kekurangan air sebagai dampak dinamika alam.

“Hingga pagi ini masih kita kawal,” terangnya.

Disinggung soal kapan semua area persawahan DI Klambu Wilalung teraliri seluruhnya, sangat tergantung debitnya. Jika segala sesuatu lancar, dalam 20 hari ke depan air irigasi akan menjangkau lokasi sasaran.

Menurut dia, sejumlah area sudah mempersiapkan pembibitan saat ini. Dia meminta petani segera mempersiapkan pengolahan lahan. Informasi yang dihimpun, diperkirakan Sabtu (10/10) alat bajak sudah mulai turun ke sawah.

Selama proses berlangsung, tim gabungan mengawal pergerakan air irigasi dan infrastruktur pendukungnya. Tim terdiri atas perkumpulan petani pemakai air, BPSDA Seluna dan UPT Pengairan Kabupaten Kudus.

”Pantauan masih digelar di lapangan,” imbuhnya.

Seperti diketahui, Musim tanam (MT) I 2020-2021 daerah irigasi (DI) Sistem Waduk Kedungombo dimulai 15 Oktober. Khusus untuk DI Klambu Wilalung dimulai penggelontoran 8 Oktober dengan mempertimbangkan ketersediaan air dan kondisi lapangan.

Sementara itu, Nur Ahmad pemerhati masalah pertanian di Undaan mengatakan, sudah seharusnya Tim Gabungan terutama yang dari unsur pemerintah melakukan pengawalan penggelontoran air bagi kebutuhan para petani di Kudus.

“Berdasarkan kebiasaan yang terjadi pada tahun-tahun sebelumnya, air dari Wadung Kedung Ombo airnya baru sampai di saluran-saluran sekunder. Sedangkan untuk sampai di pintu-pintu air saluran irigasi di lahan-lahan pertanian, baru sekitar seminggu atau tujuh sampai sepuluh hari kedepan.” katanya. (YM/YM)


KOMENTAR SEDULUR ISK :