Tahun 2023 Pekerja Rokok Anggota RTMM Kudus, Peroleh 16 Jenis Pelatihan Keterampilan

oleh -606 kali dibaca
Ketua RTMM Kudus Subaan Abdul Rohman (Foto: YM)

Kudus, isknews.com – Sedikitnya ada 16 jenis pelatihan yang diadakan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kudus bagi pekerja rokok di Kabupaten Kudus. Kegiatan pelatihan diadakan menggunakan Dana Bagi Hasil Cukai Hasil Tembakau (DBHCHT) tahun anggaran 2023.

Kegiatan pelatihan ini diadakan dengan menggandeng Federasi Serikat Pekerja (FSP) Rokok Tembakau Makanan Minuman (RTMM) Kabupaten Kudus. Pelatihan ini diberikan untuk membekali pekerja rokok dengan keterampilan tambahan.

“Ada 16 jenis pelatihan yang diadakan di RTMM. Setiap pekerja rokok hanya bisa ikut satu jenis pelatihan, kalau sudah pernah ikut tidak boleh ikut lagi. Karena anggota kami banyak, jadi memberi kesempatan bagi yang lainnya,” kata Ketua RTMM Kudus Subaan Abdul Rohman.

Ia menyebut, pelatihan pekerja rokok ini mulai diadakan sejak tanggal 20 Maret 2023 lalu. Jenis pelatihannya yakni diantaranya seperti tata rias, tata boga, pembuatan kue kering, pembuatan kue basah, jahit kebaya, pembuatan tas, jahit pakaian anak dan banyak lagi.

Sejumlah pekerja rokok RTMM Kudus saat mengikuti pelatihan keterampilan merias pengantin gaya Solo (Foto: YM)

“Setiap pelatihan diikuti 16 orang pekerja rokok. Pelaksanaannya setiap pelatihan 22 hari sampai dapat sertifikasi,” ujarnya.

Selama bulan Ramadan ini, hanya ada satu pelatihan yang diadakan. Untuk pelatihan lainnya, akan dimulai usai lebaran Idulfitri.

“Kalau selama ramadan itu hanya ada pelatihan tata rias selama satu sesi. Yakni mulai jam 13.00 sampai 15.30 WIB. Nanti setelah ramadan ada dua sesi, sesi kedua akan mulai jam 16.00 sampai 20.00 WIB,” paparnya.

Peserta pelatihan ini berasal dari 35 perusahaan rokok di Kabupaten Kudus. Targetnya, kata Subaan, pelatihan bagi pekerja rokok bisa selesai bulan Oktober nanti.

“Harapannya setelah latihan mereka bisa dan mampu mengembangkan usaha sendiri. Jadi bisa mendapatkan pendapatan lain selain pekerja rokok, kalau nanti sudah purna ada pilihan untuk usaha lainya,” tandasnya. (YM/YM)

KOMENTAR SEDULUR ISK :

No More Posts Available.

No more pages to load.