Tekan Angka Kematian Ibu dan Bayi, Pemkab Bangun RTK

oleh -803 kali dibaca
Jepara, isknews.com (Lintas Jepara) – Sebuah Rumah Tunggu Kelahiran (RTK) disiapkan oleh Pemerintah Kabupaten Jepara, untuk menekan angka kematian bayi dan ibu melahirkan di Jepara. RTK yang ada di Kelurahan Bulu Kecamatan Jepara ini diresmikan pada Jumat (6/10/2017). Keberadaan RTK merupakan bentuk perhatian Pemkab Jepara untuk mengurangi resiko kematian ibu dan anak. Sebagaimana diketahui bersama, bahwa Angka  Kematian  Ibu (AKI) dan Angka Kematian Bayi (AKB) merupakan indikator kesejahteraan bangsa.
 
Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten (Dinkes) Jepara Dwi Susilowati mengungkapkan, RTK tersebut memiliki empat kamar tidur dengan ruang dapur dan ruang petugas. Berdirinya RTK ini bermula pada tahun 2015, Dinkes Provinsi Jateng yang tengah melakukan kunjungan kerja ke Karimunjawa, dan ditindak lanjuti dengan pengajuan proposal pembangunan RTK oleh Pemkab Jepara, melalui Dinkes Jepara ke Pemerintah Provinsi  (Pemprov) Jateng.
 
Selanjutnya, Pada tahun 2016 dibangunlah RTK melalui dana Bantuan Provinsi (Banprov). “RTK mulai siap digunakan pada bulan Juni 2017. Biaya operasional RTK melalui dana Jampersal (DAK non fisik) yang meliputi biaya listrik, air, tenaga teknis, tenaga kebersihan, tenaga penjaga malam,” ujar Susi.
 
Bupati Jepara Ahmad Marzuqi mengungkapkan, adanya RTK ini, ke depannya  harapannya dapat memberikan banyak manfaat bagi seluruh warga Jepara yang membutuhkan. Di wilayah Kabupaten Jepara masih terdapat beberapa daerah yang memiliki akses yang sulit, Oleh karenanya pada daerah-daerah tersebut perlu dipikirkan apabila ada rujukan ibu hamil ke RSUD RA Kartini. “Dengan adanya RTK yang berada di wilayah Kecamatan Jepara ini, maka akan sangat membantu masyarakat Jepara yang membutuhkan khususnya masyarakat yang tinggal di wilayah yang memiliki kesulitan terhadap akses atau jangkauan pelayanan kesehatan,” ujar Bupati.
 
Saat meresmikan RTK tersebut Bupati menyampaikan ucapan terima kasih dan penghargaan kepada segenap jajaran Dinas Kesehatan Kabupaten Jepara beserta berbagai pihak terkait yang telah ikut memberikan andil sehingga RTK ini bisa berdiri.
 
Turut hadir dalam peresmian ini, sejumlah jajaran pimpinan OPD, TP PKK Kabupaten Jepara, Polsek Jepara, Camat Jepara, Lurah Bulu, Ketua RT setempat, IBI, dan Ketua P2KP. Serta turut hadir undangan dari lintas program diantaranya, jajaran Dinkes Jepara, Bidan koordinator dan Kepala Puskesmas se-Kabuapten Jepara, Direktur RS Pemerintah dan Swasta, Dokter Ahli (SPOG dan SPA), Kepala ruang PICU/NICU, Kepala ruang ICU, dan Kepala ruang bersalin RSUD Kartini. (ZA)
KOMENTAR SEDULUR ISK :

No More Posts Available.

No more pages to load.