Di Kudus Dari 42 Desa Lockdown Kini Tinggal 6

oleh -6,142 kali dibaca
Sebuah Desa di Kudus yang sebelumnya dinyatakan lock down kini telah beralih status dari zona merah (Foto: istimewa)

Kudus, isknews.com – Sejumlah Desa dan Kelurahan di wilayah Kabupaten Kudus yang sebelumnya dinyatakan sebagai wilayah zona merah COVID-19 dan melakukan lockdown kini berangsur-angsur mulai membuka aksesnya karena telah beralih status.

Dari sebanyak 42 desa di Kabupaten Kudus yang sebelumnya masuk dalam daftar zona merah COVID-19. Kini berangsur-angsur beralih status menjadi zona orange. Dari 42 desa, kini tersisa 6 desa yang masih masuk kategori zona merah.

“Dari evaluasi-evaluasi sekarang banyak yang sudah cenderung orenge. Dengan adanya pengetatan yang dilakukan kemarin, ini tinggal 6 (desa yang masih berstatus zona merah covid),” kata Bupati Kudus, HM Hartopo saat ditemui awak media di halaman Pendopo Kabupaten Kudus, Jumat (04/06/2021).

Saat disinggung mengenai rincian enam desa yang masih berstatus zona merah. Hartopo mengaku belum menerima laporan lebih lanjut mengenai hal itu.

“Enam ini (6 desa yang berstatus zona merah covid), sementara ini saya belum dikonfirmasi,” ucapnya.

Saat ini, masih kata Hartopo, pihaknya berfokus melakukan pemantauan pada mikro zonasi dan mikro lockdown yang dilakukan di tingkat RT dan RW.

“Sekarang yang kita tekankan adalah mikro zonasinya atau mikro lockdownnya. Bukan desanya tetapi RT RW yang disitu banyak terkonfirmasi covid,” tandasnya.

Sebelumnya, diberitakan sebanyak 42 desa di Kudus masuk kategori zona merah covid. Desa-desa ini kemudian melakukan lockdown di tingkat RT dan RW yang warganya banyak terinfeksi covid.

Langkah lockdown atau pembatasan mobilitas masyarakat dipilih untuk meminimalisir penyebaran covid di daerah tersebut. Dari data lapangan yang sempat beredar sebelumnya ada sebanyak 24 desa di tujuh kecamatan di Kudus yang menjalankan semi lockdown di tingkat RT dan RW.

Desa-desa tersebut adalah Janggalan, Panjunan dan Kerjasan Kecamatan Kota. Lalu desa Padurenan dan Gondosar Kecamatan Gebog. Desa Bae dan Pedawang Kecamatan Bae.

Desa Jepang, Payaman, Gulang, Mejobo, Temulus, Kesambi dan Hadiwarno Kecamatan Mejobo. Desa Prambatan Lor dan Mijen Kecamatan Kaliwungu. Serta desa Larikrejo, Sambung, Undaan Tengah dan Medini Kecamatan Undaan. (YM/YM)

KOMENTAR SEDULUR ISK :

No More Posts Available.

No more pages to load.