Pandemi Corona Masa Pelaksanaan Sensus Penduduk Online (SPO) Diundur 29 Mei 2020

oleh

Kudus, isknews.com – Pandemi Corona yang kini sedang melanda di Indonesia, menyebabkan Sensus Penduduk Online (SPO) tahun ini yang dimulai sejak 15 Pebruari dan dijadwalkan akan ditutup 31 Maret 2020 karterpaksa pelaksanaannya diundur hingga 29 Mei 2020.

Sedangkan untuk Sensus Penduduk Wawancara (SPW) yang rencananya akan berlangsung pada bulan Juli mendatang, juga ikut diundur hingga September mendatang. Semua itu masih menunggu informasi lebih lanjut dari pusat.

Hal itu disampaikan Kepala BPS Kabupaten Kudus, Ir. Rahmadi Agus Santosa, disampaikannya, termasuk perekrutan tenaga lapangan sebanyak 1.119 orang juga masih menunggu instruksi dari pusat.

“Awalnya perekrutan tenaga lapangan akan dilaksanakan pada bulan April hingga Mei. Kemudian bulan Juni dilaksanakan pelatihan yang selanjutnya bulan Juli mereka sudah bekerja,” ujar Rahmadi, Senin (04/05/2020).

Masih kata Rahmadi, pelaksanaan SPO hingga saat ini sudah mencapai 42,06% atau 41.813 KK atau 168.344 jiwa.

Ilustrasi seorang warga yang sedang mengisi formulir Sensus Penduduk Online (SPO) di Kudus (Foto: YM)

Untuk target sendiri kata dia, diberikan oleh pusat dengan memperhitungkan beberapa item.

“Diantaranya adalah ASN, penghuni apartemen, penghuni perumahan elit dan masyarakat umum. Semua itu ditarget dengan jumlah prosentase,” katanya.

Dikatakan oleh Rahmadi, agar SPO ini dapat berjalan baik, pihaknya pada bulan April lalu meminta bantuan kepada Kemenag dan Disdikpora Kudus serta Kantor Cabang Dinas Pendidikan Wilayah 3 di Pati.

“Setelah adanya permintaan bantuan itu, ¬†diakuinya ada peningkatan SPO di Kudus,” ungkapnya. (YM/YM)

KOMENTAR SEDULUR ISK :