Puluhan Kapal Selesai Diukur

oleh -1,274 kali dibaca

Jepara, isknews.com (Lintas Jepara) –  Sampai Oktober ini, pengukuran kapal di Jepara sudah selesai dilakukan. Hal ini lantaran jumlah kapal yang ada di Jepara tidak terlalu banyak. Kapal berukuran diatas 7 grosston (GT) yang wajib diukur milik warga Jepara hanya sekitar 20 an buah. Sedangkan kapal-kapal milik nelayan dari luar Jepara juga tidak terlalu banyak.

Kepala UPP Syahbandar Jepara Suripto mengatakan, beberapa hari ini ada 48 kapal yang sudah selesai  diverifikasi untuk diterbitkan surat perpanjangan izin. Puluhan kapal itu ada di Karimunjawa dan Mororejo. “Kapal milik warga Jepara memang tidak banyak, yang diatad 7 GT hanya puluhan saja,” katanya.

Pengukuran kapal tahun lalu, setidaknya ada 280 kapal di Kabupaten Jepara yang diukur oleh syahbandar Jepara. Pengukuran ini digencarkan seiring diberlakukan aturan pengukuran kapal untuk melengkapi dokumen kepemilikan kapal. Rinciannya, 210 kapal ukuran diatas 7 grosston (GT), dan 70 kapal ukuran dibawah 7 GT.

Suripto mengatakan, dari jumlah tersebut ternyata tidak semuanya milik nelayan atau warga Jepara. Mayoritas kapal milik warga Karimunjawa, dan ada juga dari luar Kabupaten Jepara. “Ke depan ini ada sekitar 4 kapal yang juga akan diukur,” imbuhnya.

Sebetulnya, durasi untuk pengukuran kapal tidak membutuhkan waktu yang lama. Ia memperkirakan, rata-rata satu kapal membutuhkan waktu hanya hitungan jam bahkan menit saja. Sehingga nelayan atau pemilik kapal tak perlu khawatir untuk berlama-lama mengurusi pengukuran kapal. (Za)

KOMENTAR SEDULUR ISK :

No More Posts Available.

No more pages to load.